Bupati kolaka Utara Rusda Mahmud saat meninjau Lokasi Banjir Bandang, foto : Israil Yanas
Bupati kolaka Utara Rusda Mahmud saat meninjau Lokasi Banjir Bandang, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud meninjau lokasi Banjir Bandang di dusun 1 Desa batuganda Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara Selasa (03/10) malam lalu.

Saat memantau lokasi Banjir, bupati Kolaka Utara dua periode ini berjanji akan menyiapkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan Sediment Pond (kolam endapan lumpur).
“ Banjir ini, banjir biasa hanya karena ada jembatan kelapa penghubung dusun 1 ke dusun 2 runtuh sehingga material potongan kayu menyumbat sungai sehingga air meluap keperkampungan warga” Kata Rusda Mahmud.

Dikatakannya, dilokasi tersebut sudah terjadi banjir sebelumnya bahkan sempat menelan korban jiwa, “Banjir ini sudah kedua kalinya yang pertama ditahun 2009 dengan menelan korban jiwa 9 orang dan bnjir kali ini merendam 27 rumah warga,” ujar Rusda Bupati dua periode ini.

Untuk mengantisipasi banjir lanjutan Kami akan rencanakan pembuatan Sediment Pond . Dengan adanya sediment-sediment (kolam) lumpurnya mengendap dan airnya tidak keruh sampai kelaut. kapan lumpur terbawa samapai kelaut bisa-bisa mematikan trumbu karang. Ujar Rusda Mahmud.

“Pemda juga siap buatkan Kolam Ikan bagi warga yang berada dibantaran sungai Batuganda, ini gratis yang menggunakan dana APBD murni” ujarnya

Kami menghimbau warga jangan ada penebangan pohon yang berlebihan karena pohon ini yang menahan air, bagaimana kalau hutannya gundul, ya akibanya banjir seperti ini. Seharusnya gunung 45 derajat dibibir sungai tidak bisa dibuat kebun karena dampaknya air akan turun deras dari puncak gunung.

Peninjauan langsung Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud Bersama Kapolres Kolut AKBP Juli Eko Prihartono, Asisten I Sainuddin dan anggota TNI. Dilokasi banjir dan jembatan.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY