Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kolut, Drs. Tahrim Hodi

Lasusua, Koran Sultra – Tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII, Kolaka Utara (Kolut) tengah mempersiapkan para atlitnya guna menyambut iven akbar yang akan dilangsungoan di daerahnya. Salah satunya yakni para pemain sepak bola untuk memperkuat tim yang akan berlaga di arena nantinya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kolut, Drs. Tahrim Hodi menjelaskan, seleksi tahap pertama oleh instansinya terhadap para pemain bola ini telah dilangsungkan beberapa pekan lalu. Dari hasil kocokan deretan nama antar club yang dipertandingkan di 15 kecamatan, telah ada para kandidat yang terseleksi siap memperkuat tim di kejuaraan antar kabupaten nantinya. “Jadi masih akan diseleksi lagi karena sudah ditangani langsung oleh masing-masing ketua cabornya,” ucap Mantan Kabag Humas Kolut itu.

Dari proses seleksi di tahap awal ada 11 kecamatan yang lolos penjaringan mewakili wilayah masing-masing antara lain Kecamatan Katoi lima orang, Lasusua enam, Kodeoha dua dan Ngapa enam orang. Selanjutnya yakni Pakue, Pakue Tengah dan Pakue Utara masing-masing empat orang, Batu Putih dan Tolala satu, Lambai serta Wawo masing-masing tiga orang. “Sudah intens latihan saat ini dan akan diseleksi lagi hingga menjadi 22 orang,” ujarnya.

Sementara itu selain bola, lima cabor berikutnya yakni yang telah melalui seleksi tahap awal yakni cabor bola voly, tenis meja dengan hasil atlit awal 13 orang yang terdiri putra delapan orang dan putri lima. Sedangkan futsal juga telah dijaring namun belum menyetor daftar nama. Adapun cabor lainnya yakni bulu tangkis putra terdiri dari 11 putri empat putra.

Selanjutnya cabor yang telah diseleksi takrow yakni 25 atlit namun akan dijaring lagi nantinya pada tahap selanjutnya. Masih ada cabor lain belum mengikuti seleksi dikarenakan enam pada beberapa pekan lalu sengaja diikutkan dalam rangkaian kegiatan Dispora sehingga yang lain cukup ditangani para ketua cabor masing-masing saja. “Pada kegiatan itu Kecamatan Porehu sama sekali tidak mengikuti kegiatan seleksi tetapi sempat mendaftar. Sedangkan Batu Putih hanya cabor bulu tangkis saja satu, padahal di sana itu potensial atlit-atlit bolanya,” pungkasnya.

KONTRIBUTOR : ISRAIL YANAS

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY