Ketua Komisi I DPRD Kolut Ansar Ahosa Foto: Fhyan
Ketua Komisi I DPRD Kolut Ansar Ahosa Foto: Fhyan

LASUSUA, KORAN SULTRA– Tuntutan warga Desa Beringin Kecamatan Ngapa kabupaten Kolaka Utara (Kolut), terhadap Kepala Desa (Kades) Beringin untuk mengembalikan dana yang telah disalahgunakan, belum dipenuhi.

Pasalnya, pihak DPRD masih memberikan kesempatan kepada kades Beringin untuk mengembalikan dana tersebut. Padahal, janji pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar pada beberapa waktu di gedung DPRD Kolut, semua pihak yang hadir dalam rapat tersebut, sepakat untuk memberikan kesempatan selama satu minggu, untuk mengembalikan dana yang telah disalahgunakan oleh kades beringin sebesar Rp400 juta rupiah ke kas Desa.

Ketua Komisi I DPRD Kolut Ansar Ahosa, mengatakan, pihaknya masih memberikan kesempatan terakhir pada kades Beringin. Kerena mengingat kades Beringin sedang sibuk mengurus keluarganya yang hendak berangkat ke tanah suci.

“Ada keluarganya yang hendak berangkat ke tanah suci, serta pertanggung jawabannya juga belum lengkap,“ kata Ansar pada Koran Sultra di kediamannya, Sabtu (22/4).

Karena menurut Ansar, semua pihak yang perna ikut dalam RDP beberapa waktu lalu, sudah menyepakati untuk memberikan kesempatan terakhir kepada kades beringin. “Pihak DPRD Kolut, BPMD, Inspektorat dan ketua BPD Beringin sudah menyepakati,“ jelasnya.

Dan kalaupun kades Beringin, Lanjut Ansar, belum juga bisa membenahi semua pertanggung jawabannya, maka pihaknya sudah tidak bisa lagi memberikan kebijakan. “Kami akan limpahkan kasusnya ke pihak yang berwajib,“ terangnya.

Ketua BPD Desa Beringin, H. Andi Olle membenarkan hal tersebut, di mana pihak BPD sepakat memberikan kesempatan kepada kades beringin. Namun, kami juga di bisa pungkiri bahwa kami selaku wakil warga desa beringin sangat kecewa dengan kesempatan yang berikan kades beringin.

Karena menurut Olle, waktu yang telah diberikan oleh kades beringin sudah terlalu lama, untuk membenahi semua pertanggung jawaban anggarannya. “Inikan sudah mengulur-ulur waktu,” katanya.

Untuk itu, kata olle, kami tak segan-segan melakukan unjuk rasa kalau kasus kades beringin tidak segera di tangani, “ kami akan lakukan unjuk rasa kalau kasusya belum juga ditangani,“ katanya.

kami berharap kepada pihak yang menangani permasalahan tersebut, untuk kiranya segera ditangani dengan serius, “ jangan selalu memberikan kesempatan,“ harapnya.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY