4
Lasusua, Koran Sultra – Usai melaksanakan salat Idul Adham 1437 H / 2016 M, sebahagian masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara langsung melakukan kunjungan ke makam sanak familinya atau yang lebih lazim disebut ziarah kubur, Senin (12/09)

Pantauan Koran Sultra di Desa Patowonua Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolut, puluhan masyarakat terlihat mengunjungi makam (ziarah kubur-red) baik makam orang tua maupun keluarga sambil menggelar zikir dan berdoa.

Lidiana Mustafa Warga Desa Watuliu , mengaku ziarah kubur adalah hal rutin yang selalu dilakukan bersama keluarganya. Ia mengaku ini adalah hal wajib yaitu ziarah ke kuburan orang tuanya.

“Ini adalah hal yang paling utama kami lakukan. Usai Salat kami langsung mengunjungi makam Ibu. Sambil berdoa dan zikir,” ujarnya.

Selain itu, Milwan warga lainnya juga menuturkan hal yang sama. Katanya, bagi mereka yang masih mempunyai orang tua maka hal yang utama dilakukan adalah meminta maaf pada kedua orang tua. Jika telah almarhum maka wajib untuk mendahului ziarah kubur ke makam kedua orang tua.

Andi yang datang bersama kedua orang tuanya, mengatakan ia melaksanakan ziarah kubur ke makam almarhum nenek dan kakeknya.

“Saya ke sini mengunjungi kuburan nenek. Saya datang bersama keluarga. jika lebaran tiba kami selalu mendahulukan untuk ziarah kubur,” kata Milwan.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY