Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud saat meninjau Lokasi Banjir, foto : Israil Yanas
Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud saat meninjau Lokasi Banjir, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara berencana untuk merelokasi enam rumah yang hanyut dibantaran Sungai Salumeja Dusun III Desa Rante Limbong Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Provensi Sulawesi Tenggara akibat terjangan banjir Luapan Sungai Salumeja Selasa (25/10) lalu.

Pemda Kolut rencananya akan melaksanakan Program Relokasi ini dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kolaka Utara.

Pelaksanaan Tugas Harian BPBD Kolut, Hardi yang ditemui Awak Media dikantornya mengatakan, Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud saat meninjau Korban banjir telah menyampaikan dan tidak menjanjikan namun akan berusaha melakukan Relokasi dan perbaikan rumah yang diterjang banjir.

“Saat ini, masih berkordinasi dengan Kades Rante Limbong, apakah nantinya Pemda akan menyiapkan Lokasi dan Korban banjir yang membangun Rumahnya atau ada keinginan lain, kita tunggu saja keputusannya,” katanya.

Dibantaran Sungai Salumeja sudah tidak bisa lagi ada pembangunan rumah, ini untuk menghindari bencana yang lebih parah akan terjadi nantinya. Dan dilokasi Persawahan, banjir juga yang merusak 50 hektar sawah dan Pemda Kolaka Utara merencanakan pelurusan sungai jauh dari persawahan.
“Kami menunggu keputusan Pemilik Lahan, kesepakatannya seperti apa nantinya,” katanya.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY