Zainal Abidin ST, Kabid Penyelenggaraan e-Government.Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Kolaka, foto : Andi Hendra

Kolaka, Koran Sultra – Seminggu terakhir ini, Dunia di hebohkan atas insiden Virus WannaCry yang menyerang Komputer/PC pengguna Internet.

Kementerian Komunikasi dan Informasi bahkan telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan terhadap ancaman virus Ransomware jenis WannaCry.

Dikabarkan Virus tersebut menghantam ribuan pengguna Internet yang menggunakan pc/ komputer, dan kini mulai merambah di kabupaten kolaka, hal tersebut di benarkan oleh Zainal Abidin ST, Kabid Penyelenggaraan e-Government.Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Kolaka.

Menurut Zainal saat di temui di ruang kerjanya Senin( 15/5) dari hasil yang di input, jika keberadaan virus Wannacry tersebut benar adanya dan sudah menyerang beberapa pengguna internet di kabupaten kolaka, dan hingga saat ini komputer tersebut belum bisa teratasi, katanya.

“ kami juga belum dapat memastikan awal munculnya virus tersebut, namun dari hasil pernyataan resmi dari kementrian jika ada beberapa cara untuk dapat mencegah agar komputer maupun lektop tidak terserang virusWannacry” ujarnya.

Pertama sebelum hidupkan komputer, terlebih dahulu matikan hospot, lanjutnya. “ setelahnya pindakan data kesistem operasi non windows, atau backup data – data ke media lain pastikan semua ter backup ke media storage terpisah. mengganti sistem operasi windos terbaru, baru dapat mengaktivkan wifi, selalu updatate anti virus, dan lakukan update antivirus pada windows anda dan jangan mengaktivkan fungsi macros” himbau zainal

Sambungnya, jika sistem kerja Virus tersebut pertama menyerang komputer melalui lampiran e-mail atau link website yang tidak jelas. Kemudian, menjalar ke seluruh komputer yang tersambung dengan sistem LAN (local area network). Setelah itu, mengenkripsi file sehingga terkunci tidak bisa dibuka. Sasaran mereka adalah komputer dengan sistem Microsoft Window.

Untuk itu pihaknya ( Dinas Kominfo red) telah menhimbau kepada seluruh pengguna internet di kabupaten kolaka, baik instansi maupun masyarakat kolaka secara umum melalui forum tentang pencegahan mengenai virus wannacry yang sangat berbahaya pasalnya file yang tersimpan di komputer tidak dapat terbuka jika terserang virus tersebut.

Namun lanjut zainal dengan informasi yang di terima jika file yang terseran virus tersebut masih dapat di buka dengan cara, mengklik file kemudian muncul keterangan dengan meminta pembayaran yang tidak jelas nominalnya” informasi jika file yang terserang bisa terbuka drngan cara di bayar, namun saya belum bisa memberikan informadi tersebut secara menyeluruh, pasalnya kebenaran tersebut belum tentu benar, apaka betul bisa terbuka kembali atau tidak setelah di bayar” tutup zainal.

Kontributor : A.Hendra
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY