Jenis rokok ilegal yang sudah beredar di Kolaka Timur FOTO: Dekri/ Koran Sultra
Jenis rokok ilegal yang sudah beredar di Kolaka Timur FOTO: Dekri/ Koran Sultra

TIRAWUTA, KORAN SULTRA-Belakangan ini di Kolaka Timur (Koltim), banyak beredar rokok ilegal alias rokok tanpa pita cukai. Terbukti beberapa waktu lalu, nampak di pasaran sejumlah rokok tanpa pita cukai, dengan berbagai merek diperjual belikan di beberapa pasar tradisional di Koltim.

Saat ini belum ada tindak tegas, baik itu dari aparat kepolisian, maupun dari pihak bea cukai. Akibatnya, peredaran rokok ilegal ini semakin marak beredar di Koltim.

Usut punya usut beredar informasi kalau rokok ilegal ini di impor dari Sulawesi Selatan, kemudian di distribusikan ke Sultra. Bahkan kabarnya distributor rokok ilegal ini diamankan oleh oknum aparat sehingga tidak tersentuh aparat terkait.

Bahkan menurut salah seorang warga rokok ilegal ini, sudah beroperasi sekian lama. Berdasarkan penelusuran, rokok ilegal yang saat ini yang diperjual belikan dipasar tradisional di Koltim, ada beberapa jenis diantaranya, rokok Jazy Mild, Gudang Garam Merah, New Best, Bossini Mild, dan B Mild.

Perbedaan rokok ilegal ini dapat diketahui jika diteliti pada pita cukai nya. Pita cukai rokok ini sangat jauh bedah dengan pita cukai yang dikeluarkan dari bea cukai. Selain itu, harga rokok ilegal ini bisa terbilang murah. Dimulai dari harga Rp 7 ribu, hingga Rp 10 ribu per bungkusnya.

Salah seorang pedagang rokok ilegal di Koltim Takdir, yang dikonfirmasi mengakui jika pihaknya sudah cukup lama memperjual belikan rokok tersebut di pasar tradisional di Koltim. Bahkan diakuinya, ia menjual rokok tersebut dengan harga terjangkau.

“Hanya sepuluh ribu rupiah saya jual mas,” kata Takdir pada sejumlah media.

Takdir pun mengakui jika Ia memang menjual rokok tanpa pita cukai ke masyarakat itu ilegal. Dikatakannya, jika rokok rokok tersebut ia dapatkan dari salah satu distributor di Kota Kendari.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY