Kasus Tersebut Bakal Diselidiki Pihak Penegak Hukum

Camat Poleang Barat saat ditemui beberapa awak media Foto: Asri Joni

RUMBIA, KORAN SULTRA– Dana Kelompok Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) atau dalam perbendaharaan kata PNPM Mandiri Perdesaan, di Kecamatan Poleang Barat, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, senilai kurang lebih Rp 8 milyar tahun 2015, diduga fiktif.

Pasalnya, hingga saat ini dana yang dikelola sejumlah kelompok tersebut belum ada yang dikembalikan. Tidak heran tim kecamatan Poleang Barat dan sejumlah pihak dari penegak hukum di Bmbana, mulai menelusuri penggunan dana tersebut.

Camat Poleang Barat Anton Perndinan, yang ditemui Koran Sultra membenarkan adanya penyalagunaan anggaran tersebut. Hingga saat ini pihaknya juga mulai menelusuri. Sebab, ia menduga dana itu dikelola secara fiktif.

“Kami masih menelusuri dana SPP ini. Kuat dugaan kami, jika kelompok yang mengelola dana tersebut merupakan kelompok fiktif. Demi memuluskan aksi pribadi oknum yang berkepentingan.,” bebernya.

Saat ini kata dia, telah mengantongi nama nama kelompok yang mengelola anggaran, yang diduga fiktif. ”Kami juga telah mengantongi nama nama kelompok yang kami duga fiktif. Dan kami akan menyerahkan kepihak yang lebih berwewenang seperti, kekejaksaan atau Kepoliasian,” ungkapnya.

Pihaknya saat ini tinggal mencari waktu luang untuk menyerahkan dokumen bukti para kelompok peminjam dana tersebut.

”Karena semua dokumen nama nama kelompok peminjam kami sudah mengantonginya, selanjutnya kami tinggal menunggu waktu luang saja untuk diserahkan kepihak kejaksaan dan Kepolisian bombana,” kata Anton.

Padahal kata Anton, pihaknya beserta tim PJOK serta seksi PMD kecamatan Poleang Barat, sudah pernah menempuh langkah-langkah persuasif, dengan cara turun langsung menemui kekelompok kelompok peminjam.

”Agar ada upaya dari mereka untuk menemui pengurus UPK-BKAD dikantor BKAD Poleang Barat. Namun tak satupun pengurus UPK dan BKAD ke kantor. Karena kantor UPK dan BKAD tidak berpenghuni,” jelasnya.

Kontributor : Asri Joni
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY