Mantan PJ Bupati Muna Zayat Kaimoeddin Foto: Bensar
Mantan PJ Bupati Muna Zayat Kaimoeddin Foto: Bensar

RAHA, KORAN SULTRA-Mantan PJ Bupati Muna, Zayat Kaimoeddin alias Derik, penuhi panggilan Kejari Muna, Jumaat (3/3). Ia diklairifikasi terkait kasus dugaan korupsi DAK tahun 2015 senilai Rp 200 Milyar di Kabupaten Muna.

Ia dimintai keterangan langsung oleh Kasi Intel Kejari Muna La Ode Abd Sofyan sekitar tiga jam mulai pukul 09.00 hingga 12.01 Wita.

Kasi Intel Kejari Muna membenarkan adanya pemeriksaan mantan Pj bupati Muna. Menurutnya, Zayat Kaimoeddin diklarifikasi untuk memenuhi panggilan jaksa yang dikirim pekan lalu.

“Zayat cukup koperatif,” kata Kasi Intel Kejari Muna La Ode Abd Sofyan, Jumat (3/3).

Kata dia, Derik diperiksa selama kurang lebih tiga jam. ”Kami berikan 12 pertanyaan, sesuai posisi dia, sebagai mantan PJ Bupati Muna saat itu,” ujar Sofyan.

Saat ini kata Sofyan, Kasus tersebut sudah mulai terang benderang, kini pihak Kajari tinggal menunggu hasil espos,” pungkasnya.

Sementara itu mantan PJ Bupati Muna Zayat Kaimoeddin, yang dikonfirmasi usai pemeriksaannya mengungkapkan, terkait pencairan dana DAK tersebut bukan kewenangan dia.

”Pencairan dana DAK itu bukan kewenangan saya, dan ada teknis yang menanganinya,” katanya.

Kata sapaan Derik ini, Jika kemudian ada proyek menyebrang tahun, maka ada UU kepres Nomor 4, yang menjelaskan jika lewat waktu pekerjaan maka ada denda.

“Persoalan pembayaran itu bukan urusan saya, sama halnya dengan pungutan Suara Ulang (PSU), putusan Mahkama Konstitusi (MK) , apa bedanya, anggaran tahun ini bisa diangarkan tahun depan, tingal kita buat payung hukumnya. Yang jelas kami tidak tau, kalau ada anggaran proyek cair menyebrang tahun. Itu bukan urusan saya,” jelas Derik.

Untuk diketahui, sebelum pemeriksaan mantan PJ Bupati Muna Zayat Kaimoeddin, kejari sudah lebih dulu memeriksa Sekretariat Daerah Muna dan Ketua DPRD Muna.

BACA JUGA: Dugaan Korupsi DAK, Kejari Periksa Sekda dan DPRD Muna Selama Emapat Jam

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY