Tirawuta,Koran Sultra- Kabar gembira bagi warga tinondo sebentar lagi lapangan pekerjaan akan terbuka di dua kecamatan yaitu kecamatan Tinondo dan Lalolae.

Berkisar 2000 Hektare. Rawa Tinondo akan di borong langsung oleh Investor dari PT. SARI ASRI REZKI untuk di jadikan kebun kelapa sawit. saat ini pihak perusahaan telah membayar lokasi rawa tinondo sekitar kurang lebih 500 H. Pada pemilik lahan atau Ahli waris rencana, perusahaan akan menurunkan alat berat setelah berjumlah 1000 H tahap pembayaran.

Aksi pembayaran lokasi terhadap pemilik rawa, dilakukan secara terbuka oleh pihak perusahaan di rumah kediaman camat tinondo.

Sementara proses pembayaran dilakukan beberapa tahap, pihak pemilik atau Ahli waris sebelumnya harus menyetorkan foto copy ktp dan foto copy kartu keluarga setelah usai pengukuran batas lokasi masing masing setelah itu pihak pemilik menandatangani surat yang di berikan perusahaan kemudian para warga akan di ambil fotonya yang sedang memegang uang sebagai bukti dokumen perusahaan bahwa telah membeli dan membayar lokasi rawa milik warga.

IKLAN KPU

Warga menerima dana dari perusahaan berdasarkan jumlah lahan yang dimiliki, setiap satu Hektare lahan di hargai berkisar Rp. 3,500 000 dan dibayarkan secara tunai oleh perusahaan.

“Harganya tiga juta lima ratus rupiah, per hektar lahan yang kami terima dari perusahaan, yah kami kan hanya menerima, lagi pula sebentar lagi lapangan pekerjaan akan terbuka di kecamatan tinondo ini.”Ujar Asbar pemilik lahan di Tinenggi yang sudah menerima dana dari perusahaan.

Rawa Tinondo ini merupakan Lahan Konservasi Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara pada tahun 1983 yang dicetuskan dengan nama Taman Nasional.

Setelah itu Rawa Tinondo ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN) untuk kepentingan lingkungan hidup melalui PP nomor 26 Tahun 2008. kawasan tersebut memiliki nilai penting terutama terkait fungsi-fungsi hidrologis dan perlindungan habitat rawa darat.

Rawa Tinondo ini berstatus sama dengan Rawa Aopa yang ada di Kabupaten Konawe selatan sama sama memiliki fungsi hidrologis perlindungan habitat Darat.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here