Butur,KoranSultra.Com – Banjir bandang yang terjadi pada dua kecamatan di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, sejak Jumat (22/6/2018) kemarin, hingga saat ini menyebabkan sejumlah rumah warga di wilayah tersebut terbawa arus hingga ke laut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Utara, Laode Muhammad Yurif Halir menuturkan, penyebab banjir bandang terjadi di Wilayah Butur disebabkan meluapnya sungai Torombia, akibat hujan deras beberapa terakhir ini.

IKLAN KPU

“Sungai Torombia meluap akibat curah hujan yang tinggi beberapa terakhir ini,” ujar Laode Muhammad Yurif Halir, Kepala BPBD Butur pada sejumlah awak Media, Sabtu (23/6/2018).

Banjir tersebut sempat menyeret satu orang warga Desa Lasiwa. “Beruntung, warga tersebut cepat dievakuasi oleh warga yang dibantu Kapolsek Kulisusu,” terangnya.

Untuk itu, Ia Imbau agar warga tetap waspada. Sebab banjir bisa saja terjadi kapan saja. Apalagi curah hujan di daerah tersebut masih tinggi.

Dikatakannya, BPBD Butur telah mendata, setidaknya ada empat desa di Kecamatan Kulisusu dan satu desa di Kecamatan Wakarumba diselimuti banjir.

“Kami juga mendata guna pemberian bantuan terhadap warga yang terkena banjir,” ujarnya.

Untuk memastikan kondisi bencana alam yang terjadi di wilayah tersebut, Kadis Sosial bersama tim siaga bencana alam Dinas Sosial turun langsung ke lokasi bencana.

Saat ini Dinas Sosial mulai menyalurkan bantuan di Desa Torombia, Watulansi dan Desa Lahumoko.

Kontributor : Alam

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here