Baubau, Koran Sultra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2018 – 2023, pada Senin 13/08.

Rapat pleno terbuka yang dilaksanakan dikantor KPU Baubau menetapkan pasangan Drs AS Tamrin dan Ahmad Monianse (Tampil Manis) sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau terpilih 2018-2023.

Penetapan pasangan Tampil Manis ini sempat tertunda akibat adanya gugatan yang dilayangkan oleh rivalnya saat pilkada lalu di Mahkamah Konstitusi dan akhirnya MK memutuskan untuk menolak gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) yang diajukan tim pasangan calon nomor urut 1 Roslina-Yasin (Rossy), dan nomor urut 4 H.Yusran Fahim-Ahmad Arfa (HYF-Ahmad).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni calon Wakil Walikota terpilih La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Baubau Kamil Adi Karim, Sekot Baubau Roni Mukhtar, dan sejumlah pimpinan partai pengusung.

IKLAN KPU

Ketua KPU Baubau, Edi Sabara membacakan putusan MK, bahwasannya permohonan nomor 19 dari tim Rossy dan nomor 20 dari tim HYF-Ahmad itu tidak dapat diterima oleh Mahkamah Kostitusi (MK).

“Kalau kita lihat kronologis dibelakang itu, pada tanggal 10 kami terima dan pada tanggal 11 kami tiba di Baubau, langsung kami mempersiapkan perlengkapan tentang calon terpilih. Hari Minggu kemarin tentang pengedaran undangan dan memang hari ini baru kami laksanakan,” paparnya.

Sementara itu, Sekda Kota Baubau Roni Mukhtar, mengajak pedukung agar tidak riuh.

” Marilah kita tetap Optimis serta juga mendukung penuh kepemimpinan walikota dan wakil walikota terpilih, “ujarnya, Senin (13/8).

Pilkada serentak kota Baubau diikuti lima pasangan calon, yakni Paslon Roslina Rahim-La Ode Yasin, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail, Yusran Fahim-Ahmad dan Ibrahim Marsela-Ilyas.

Rapat pleno sebelumnya penetapan hasil suara Pilkada Baubau, paslon nomor urut 1 Roslina Rahim-La Ode Yasin memperoleh 18.367 suara. , Paslon urut 3 Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail meraih 4.503 suara dan Paslon urut 4 Yusran Fahim-Ahmad memperoleh 19.959 suara, dan Paslon urut 5 Ibrahim Marsela-Ilyas meraih 9.371 suara.

Pada pleno KPU hari ini senin memutuskan Paslon urut 2 AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse meraih 23.573 suara sehingga substansinya berdasarkan regulasi KPU Baubau paling lama tiga hari setelah menerima putusan, maka harus ada penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

KONTRIBUTOR : MUHLIS

EDITOR : HAYUN BENSAR

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here