Baubau, Koran Sultra – Meski harus melalui pembahasan alot dan memakan waktu lama, organisasi Masyarakat Keurukunan Pemuda Kadatua (KPK) akhirnya menemukan titik terang. Pengurus yang sebelumnya tidak sepakat untuk dilakukan perubahan nama organisasi akhirnya sepakat juga nama KPK diubah menjadi KP2K (Kerukunan Pemuda Pemudi Kadatua).

Pembahasan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang diselenggarakan disalah satu kedai kopi di Mangga ll, Jalan Martadinata, Kelurahan Batulo, Kecamatan Wolio, Baubau itu diselenggarakan pada, Minggu (26/8) dan dihadiri oleh sejumlah pengurus organisasi KP2K.

“Perubahan nama dari KPK ke KP2K ini tujuannya tak lain kesetaraan gender. Sebab, ada peserta dari kaum gender juga yang ikut hadir. Para gender ini juga menginginkan keterwakilannya baik sebagai pemuda maupun pemudi pada kesepakatan rapat terbuka tersebut,” ujar La Ode Agus Bahsar, Ketua umum KP2K.

Musyawarah yang dipimpin Akhmad Zilzal Maada, selaku stering komite KP2K ini juga dihadiri masyarakat Baubau.

“Kami ingin semua pengurus selalu bersama menumbuhkan tali silaturahim. Sebab jarang pemikiran dan niatan lill’alamin seperti ini, bahkan lingkup seperti ini hampir tidak ada lagi dalam kemajemukan setiap individu,” kata La Ode Agus.

Bahkan imunitas sebuah mayoritas kata dia sudah mulai tergoyah dan tergeser, kebersamaan itu lah yang tak bisa dinilai oleh apapun.

Meskipun yang ikut hadir dalam rapat itu hanya berkisar 137 orang dan dianggap tidak sesuai, kendati demikian, proses pembahasan organisasi tetap berjalan dengan baik.

Sementara itu Pemateri yang juga berperan sebagai Penasehat dalam rapat pembentukan AD/ART La Ode Darmawan, menuturkan seyogyanya organisasi tersebut dapat menjadi ajang silaturahmi.

“Kita bangun sebagai ajang silaturahmi, agar menjadi panutan yang baik buat orang tua kita di kampung. Kegiatan ini merupakan hal positif sebagai penyatuan sosial apa lagi banyak kericuhan di Kadatua dan siapa lagi kalau bukan kita yang memberikan masukan positif melalui Kerukunan ini,” jelas La Ode Darmawan.

Rencananya Kerukunan Pemuda Pemudi Kadatua ini bakal didaftarkan pada Kesbangpol, selanjutnya pada bulan Oktober mendatang yang bertepatan pada hari sumpah pemuda akan dirayakannya Deklarasi besar di Kota Baubau.

Untuk diketahui, musyawarah tersebut sempat bersitegang beruntung, Wakil Ketua KP2K Bripka La Ode Arizona, segera mendinginkan suasana.

“Saya langsung bergegas ke sekretariat dan mendinginkan pro dan kontra saat sebelum dimulainya rapat, bertanya apa persoalannya dan saya sampaikan mungkin beberapa yang belum sempat hadir pasti tau hasil rapat ini jadi kita tetap laksanakan,” ujar Bripka La Ode Arizona.

Kontributor : Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here