Unaaha, koransultra.com – Rumah sakit Megah RSUD Kabupaten Konawe yang dibangun sejak era periode pertama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa akhirnya rampung sudah, Infrastruktur Kesehatan satu ini layak menjadi kebanggaan daerah ini. Peresmian gedung RSUD Konawe dilakukan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan didampingi Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi, Pj Sekprov Sultra, Pj Bupati Konawe, H.Tasman Taewa, Direķtur Utama PT SMI, Emma Sri Martini dan Dirut RSUD Konawe, H. Agus Lahida, pada Ŕabu 29/8.

Pembangunan Rumah Sakit megah ini menelan anggaran yang cukup besar yakni Rp. 231 miliar ini dimana pembangunannya didukung oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) dan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) melalui fasilitas pemerintah daerah dan PT.Sarana Multi Infrastruktur ( Persero ) ( PT SMI ) yang mencakup pembangunan gedung layanan kesehatan dan rawat inap serta pengadaan alat alat kesehatan.

Keberadaan RSUD Konawe ini nantinya diperkirakan akan mampu melayani sekitar 450 ribu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan memadai, mengingat RSUD Konawe merupakan Rumah Sakit Rujukan Regional yang melayani 4 (empat ) Kabupaten yaitu Konawe, Kolaka Timur, Konawe Utara dan Konawe Selatan.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulayani Indrawati dalam sambutannya mengatakan pembangunan infrastruktur Soaial ini sesuai dengan program Bapak Presiden Jokowi dalam hal ini pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah NKRI.

Dirinya berharap keberadaan RSUD Konawe kata dia dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat Konawe khususnya dan masyarakat Kabupaten sekitar pada umumnya. “Ini merupakan bukti komitmen pemerintah saat ini, untuk mewujudkan cita cita masyarakat yang adil, makmur merata dalam mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai,” katanya.

Ditempat yang saa Pj Bupati Konawe, H.Tasman Taewa memberikan ucapan selamat datang kepada Menteri Keuangan RI bersama rombongan di Konawe untuk meresmikan BLUD RUSD Konawe. Dikatakannya, dengan diresmikannya RSUD Konawe tersebut Kepala BPMD Sultra itu berharap agar sarana sosial, gedung RSUD Konawe dalam pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih ditingkatkan karena fasilitas gedung sudah sangat memadai. “Mudah mudahan bantuan ini semua mendapat berkah dan dapat dìnikmati oleh masyaŕakat Konawe
bahķan masyarakat dari Kabupaten sekitar dan bisa menjadi Rumah Sakit Pusat Rujukan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini dalam sambutannya menyatakan PT
SMI selaku katalis pembangunan infrastruktur di Indonesia siap mendukung Pemerintah Daerah
dalam mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur berkeadilan bagi rakyat Indonesia, yaitu diantaranya dengan mewujudkan pembangunan berbagai infrastruktur dasar maupun infrastruktur sosial seperti rumah sakit.

“Di Kabupaten Konawe Sultra, merupakan kehormatan bagi kami dapat berpartisipasi dalam
pembiayaan pembangunan RSUD Konawe yang telah mengikuti standarisasi World Health Organization (WHO) dengan menyediakan sebanyak 204 tempat tidur,” katanya.

Kata dia, PT SMI sangat mendukung pembangunan infrastruktur daerah yang dapat memberikan manfaat dan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat sekitar, mengingat pembangunan RSUD Konawe memberikan dampak makro yang positif bagi masyarakat, diantaranya : Output perekonomian meningkat 0,41%, pendapatan pekerja meningkat 0,27%, pendapatan rumah tangga meningkat sebesar Rp 53,78 miliar atau 0,33% dan lapangan pekerja meningkat 0,80%.

“Pembangunan RSUD Konawe juga memberikan dampak soaial positif bagi masyarakat Konawe, diantaranya peningkatan pendapatan pedagang sekitar RSUD hingga 300% dan penyerapan lebih dari 600 tenaga kerja serta peningkatan harga tanah 2 kali lipat,” ujarnya.

Menurut Emma, dalam menjalankan perannya selaku katalis pembangunan infrastruktur Indonesia, PT SMI senantiasa mengedepankan pemaparan prinsip Sustainable Development Goals ( SDGs) dengan baik. Pembangunan RSUD Konawe selaras dengan penerapan prinsip SDGs dan memungkinkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.
Menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan yang layak serta mendukung pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan dan mengurangi kesenjangan ekonomi daerah.

“Rampungnya pembangunan RSUD Konawe merupakan salah satu komitmen bersama antara
pemangku kepentingan, Pemerintah Pusat ( Kemenkeu dan Kemendagri RI), pemerintah
daerah ( PemProv Sultra dan Kabupaten Konawe) dan PT SMI dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang berdampak positif bagi masyarakat,” tuturnya.(ADV)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here