Kolaka, Koransultra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabuaten Kolaka mengadakan simulasi bencana daerah dalam acara Gladi Lapang dan Gladi Posko di pelataran rumah adat, Selasa ( 18/9/18). Kegiatan tersebut, digelar dalam rangka menyiapkan Pemda Kolaka menghadapi bencana daerah.

Gladi posko penanganan bencana di ikuti 50 relawan yang terdiri dari 23 Pria dan 18 Wanita. Rata-rata didominasi usia 27 tahun.

Asnar salah saru pelatih gladi Posko penanganan penanganan bencana, menyampaikan kegiatan tersebut, sebagai bentuk latihan dan penbentukan mental para relawan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam menangani terjadinya bencana, baik darat maupun di laut.

Gladi tersebut dilakukan berupa melatih kemampuan dan keterampilan dalam tim reaksi cepat, tehnik pencarian data dan melakukan praktek evakuasi/ rescue darat dan laut, serta melaksanakan tugas dengan iklas dan bertanggun jawab.

Sementara itu Ridwan Kepala Sub Sarana dan Prasarana dan logistik BPBD Kolaka menjelaskan jika, kegiatan ini merupakan rutinitas yang harus dilakukan guna meningkatkan propesionalismen klupenanganan bencana yang terjadi di daerah.

IKLAN KPU

Namun kata Ridwan, kegiatan ini masih membutuhkan peningkatan alokasi anggaran operasional agar dapat secara rutin dilakukan demi meningkatkan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya.

Lanjut ridwan tidak hanya anggaran operasional perlu di tingkatkan, akan tetapi di perlukan pengadaan fasilitas sarana dan prasarana serta logistik agar menunjang kegiatan, baik itu dalam bentuk latihan maupun saat sedang menangani bencana yang terjadi secara berkesinambungan.

Di tempat yang sama Sutarno Kabid Penanganan Darurat Dan Logistik, menambahkan kegiatan ini, tidak hanya di berikan pada tenaga relawan, akan tetapi seluruh Pengawai yang ada di BPBD Kolaka.

“Kegiatan ini sangat penting di lakukan, agar penanganan bencana dapat di lakukan dengan baik, untuk itu tidak hanya relawan, namu seluruh pengawai BPBD juga mengikuti latihan dan gladi tersebut,” ujarnya.

Terkait dengan alokasi anggaran Operasional Dan Pasilitas prasara, Munurut tarno, itu akan diupayaan serta diusahakan untuk diusulkan kepemerintah daerah dan pusat, mengingat hal tersebut juga sangat menunjang kegiatan yang ada serta berharap permintahan tersebut seceatnya dapat di realisasikan. tutupnya

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here