Ketgam: H. Sunuddin dangga (tengah) didampingi wakilnya, H. Arsalim Arifin dan Sekda konsel H. Sjarif Sajang saat meresmikan pasar rakyat di kecamatan basala, Kamis (11/10). Foto: Kasran

Andoolo, Koransultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), yang dipimpin langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga bersama wakilnya H. Arsalim Arifin dan Sekretaris Daerah (Sekda) H. Sjarif Sajang meresmikan pasar rakyat yang berada di kecamatan basala pagi tadi Kamis, (11/18).

Pada kesempatan itu, turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Ariyati Sjarif, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sitti Khadijah, Kapolsek Basala Ipda. Ejen Gunawan serta di saksikan ratusan warga basala.

Kegiatan tersebut di tandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati konsel H. Surunuddin Dangga dan Pemotongan pita yang dilakukan Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin yang di saksikan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konsel.

Dalam sambutannya, H. Surunuddin Dangga menyampaikan bahwa pembangunan pasar rakyat ini merupakan bentuk komitmen kami bersama Wabup, Arsalim Arifin dalam membangun Kecamatan Basala, sekaligus dalam rangka melunasi utang janji politik kami saat kampanye saat itu.

“Pasar rakyat seperti ini merupakan yang pertama dan terlengkap di konsel dan hari ini kami telah tunaikan janji politik kami, jadi jangan lagi ada masyarakat basala yang mengatakan bahwa kami tidak bekerja dan memperhatikan aspirasi warga setempat, yang mana kedepan akan terus kami suguhkan karya terbaik bagi warga Basala dan lainnya demi terwujudnya Desa Maju dan masyarakat Konsel sejahtera,” katanya.

Saat ini kita juga sedang membangun pasar yang sama di Desa Ambaipua Kecamatan Ranomeeto, jadi pergunakanlah dan rawatlah pasar ini sebaik mungkin, tentu di bawah pengaturan dan pengawasan UPTD Pasar setempat.

“Kita harapkan dengan kehadiran pasar rakyat ini bisa bermamfaat dan di ridhoi Allah SWT serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi di basala, sehingga dengan meningkatnya pendapatan masyarakat melalui pasar ini, maka tingkat kesejahteraan masyarakat akan maju,” jelas Surunuddin.

Ketua (TP-PKK) Hj. Nurlin Surunuddiin saat menggunting pita Foto: Kasran

Sementara itu Kadis Perindag Konsel, Sitti Chadijjah mengatakan bahwa latar belakang pembangunan pasar merupakan wujud perhatian Pemkab dalam hal ini melalui instruksi Bupati Konsel sesuai visi misinya, karena perlunya pengembangan dan revitalisasi pasar rakyat sebagai pusat ekonomi bagi masyarakat juga sebagai pusat komunikasi sosial masyarakat.

Kemudian juga ini sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan sebagai alat untuk mengukur tingkat inflasi, serta sebagai sarana untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di konsel.

“Pasar ini dibangun di atas lahan berukuran 1 Ha dengan luas bangunan 1350 m2 yang bersumber dari dana Tugas Pembantuan (TP) Kemenperindag RI TA 2017, yang terdiri dari 142 Los basah dan kering, Ruang ibu menyusui, ruang ganti pakaian, Musholla, Bak sampah dan toilet umum serta gudang penyimpanan,” kata Chadijjah.

Chadijjah, dengan menempati gedung baru ini, tambah dia, diharapkan dapat memberikan layanan yang berkualitas bagi masyarakat penggunanya, dan bisa menunjang pembangunan desa di bidang perdagangan melalui pemasaran hasil perkebunan, peternakan, perikanan dan industri-industri rumahan demi penguatan ekonomi masyarakat.

Disamping itu, Irmiyanti seorang pedagang sembako saat di temui awak media Koransultra.Com mengungkapkan rasa bersyukurnya terhadap pemerintahan saat ini yang telang banyak memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, utamanya dengan memberikan fasilitas publik yang berguna untuk masyarakat.

“Terima kasih kepada bapak Bupati yang telah memenuhi janji-janjinya saat kampaye kemarin, semogah adanya pasar rakyat ini penjualan kami juga akan makin meningkat,” tandasnya.

Repoter: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here