Kolaka,Koransultra.com – Sedikitnya 50 alat peraga kampanye (APK) pemilu 2019 yang terindikasi melanggar peraturan perundang-undangan, tersebar di Kecamatan Kolaka.

Temuan ini berdasarkan hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan Kolaka melalui Divisi Pengawasan dan Hubungan antar lembaga, Muh. Risal, bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan se-Kecamatan Kolaka.

IKLAN KPU

“Pelanggaran APK ini terdapat semua kelurahan. Dimana tujuh Kelurahan yang ada di Kecamatan Kolaka, APK tersebut milik Calon Legislatif (Caleg) peserta Pemilu 2019 terpasang di tempat-tempat yang terlarang serta jumlahnya diperkirakan melebihi jumlah yang ditentukan oleh KPU,” katanya saat di temui Jumat (18/10/18).

Sementara itu, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Divisi Hukum dan Penindakan, Andi Hendra mengatakan, pemasangan APK yang dilakukan oleh beberapa peserta pemilu di Kecamatan Kolaka tidak sesuai dengan tata cara, prosedur dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Ini merupakan pelanggaran Administrasi Pemilu sebagai diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 pasal 460 ayat (1). Sehingga untuk penyelesaiannya Panwaslu Kecamatan Kolaka akan merekomendasikan kepada PPK untuk di tindaklanjuti sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kontributor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here