Laporan : Muhlis
Kontributor : Baubau

Baubau Koransultra.com – Sejumlah fasilitas objek wisata Benteng Keraton Baubau, Sulawesi Tenggara rusak. Jembatan ala kekinian yang didesain khusus untuk menarik perhatian wisatawan kini mulai rusak, sejumlah papan jembatan terlihat bolong.

Belum diketahui penyebab kerusakan di sejumlah area selfy para wisatawan itu, namun dugaan sementara fasilitas tersebut sengaja dirusak oleh tangan jail manusia.

Wisata budaya itu belum lama dibangun oleh pemerintah. Sayang sekali pemerintah tidak memperhatikan serta mengelola dengan baik. Padahal, lokasi yang strategis ditambah lagi Ikon budaya di kota Baubau dicerminkan di tempat ini.

Dari data yang diperoleh Koran Sultra, wisata budaya itu dibangun sejak tahun 2017 lalu, melalui Badan Pembangunan Pemerintah Daerah (BAPPEDA).

IKLAN KPU

Pengelola Yayasan Media Center Benteng Keraton Baubau, Wawan, menuturkan jika wisatawan tidak banyak lagi yang berkunjung. Sebab selain fasilitas banyak yang rusak, keamanan di lokasi itu juga tidak dijaga.

“Tempat itu sangat favorit tapi agak rawan kalau malam. Karena kemanan pengunjung saat ini minim sekali,” tungkas Wawan yang ditemui Koran Sultra, Sabtu 10 November 2018.

Pembina Media Center, Bripka Indra Arifatma, mengatakan jika lokasi wisata tersebut memang rawan. Ia menyarankan sebaiknya ada Satgas Benteng Keraton yang bertugas di objek wisata tersebut.

“Lokasi ini memang rawan, saya berharap agar ada SATGAS Benteng keraton buton dilokasi objek wisata ini,” ungkap Bripka Indra Arifatma, yang juga Babinkamtibmas di wilayah tersebut.

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here