Ormas Pekalape Gelar Sadar Lingkungan Foto : Muhlis

Baubau, Koransultra.com – Organisasi Masyarakat (Ormas) , Pemuda Kanakea Lentera Pembaharu (Pekalape) Kota Baubau, gelar aksi peduli lingkungan serta kegiatan literasi ekonomi kreatif di Kelurahan Nganganaumala, Minggu (25/11/2018).

“Ada tiga kegiatan yang menjadi perhatian besar kami. Untuk dijadikan sebagai kegiatan wajib. Yaitu, kegiatan aksi Peduli lingkungan, Peduli Literasi, serta kegiatan aksi peduli ekonomi kreatif,” kata Ketua Pekalape Baubau, Arief Budianto Gavoer.

Dikatakannya, kawasan pusat kota yang berada di lingkungan Kanakea, merupakan pesisir sungai yang tercemar oleh aktifitas masyarakat akibat membuang limbah di sungai.

“Peduli lingkungan ini bertujuan menyentuh masyarakat. Agar dapat terlibat secara aktif dalam upaya menjaga sungai. Kedepan, kita juga bakal mengolah berbagai kegiatan bermanfaat serta dapat memiliki nilai ekonomi. Untuk itu awal kami yakni membersikan kawasan sepanjang sungai, mulai dari jembatan gantung hingga menuju jembatan tengah,” katanya.

Ormas Pekalape Gelar Sadar Lingkungan Foto : Muhlis

Dalam kegiatan itu, setidaknya ada 200 orang masyarakat, termasud anak-anak dan para pelaku ekonomi kreatif, yang turut serta memeriahkan kegiatan dengan bertajuk Community Gathering.

IKLAN KPU

Sampai saat ini ormas pekalape sudah melakukan pengembangan, baik bidang pendidikan seperti perpustakaan mini, ekonomi kreatif, serta berbagai bidang lain.

Pada bidang pendidikan, Pekalape membuat perpustakaan mini, dengan tujuan menarik perhatian masyarakat untuk menggemari dunia baca.

“Kami juga didukung dari Dinas Perpustakaan Kota Baubau, yaitu dengan cara menyediakan mobil perpustakaan, guna menarik masyarakat dalam meningkatkan minat baca. Sebab, minat membaca buku saya lihat makin terpinggirkan oleh kebiasaan masyarakat yang lebih memilih informasi instan di internet yang belum jelas kebenarannya,” jelasnya.

Ormas Pekalape Gelar Sadar Lingkungan Foto : Muhlis

Tidak kala menariknya di Bidang Ekonomi Kreatif Pekalape turut memamerkan kerajinan tangan, beberapa kuliner dan kerajinan tangan masyarakat Kanakea yang diharapkan dapat memiliki nilai jual dan dapat dipasarkan lebih luas.

“Aksi peduli ekonomi kreatif ini, akan terus kita maksimalkan mengajak dan menggugah masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas produk ekonominya agar menjadi lebih bernilai dan dapat dipasarkan lebih luas,” ujar Arif.

Saking meriahnya ormas pekalape dan masyarakat melakukan senam Zumba secara massal sekaligus menutup kegiatan.

Kontributor : Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here