Rapat Sinkronisasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Pada Wilayah Rujukan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau dengan empat Kabupaten di Kepton.

Baubau, Koransultra.com – Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH, pimpin Rapat Sinkronisasi penanganan dan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang diikuti empat Perwakilan Kabupaten, yakni Buton, Buton Selatan (Busel), Buton Utara (Butur) dan Wakatobi, diselenggarakan di Aula Palagimata. Rabu (01/04/2020).

Dalam sambutan AS Tamrin, lebih mengurai cara melawan Covid-19, apalagi RSUD Kota Baubau sebagai RS Rujukan penanganan pasien Corona, sesuai SK Gubernur Sultra, H. Ali Mazi. Katanya.

Beberapa kalangan pejabat hadir, mulai dari, Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd, Sekda Buton, Sekda Busel, Perwakilan Pemkab Butur dan Asisten I Setda Wakatobi.

Selain pejabat pemerintahan, Kepala OPD se-Kota Baubau, Kepala Dinas Kesehatan, Dirut RSUD, dan Kepala BPBD wilayah cakupan rujukan Covid-19, hadir sebagai peserta.

“Karena yang akan dirujuk ini bukan barang. Seperti ada pasien yang dirujuk ke RSUD Baubau maka diperlukan kesepakatan bersama untuk menetapkan mekanisme, protap dan SOP. Jadi itu yang kita bahas secara bersama,” Ujar Wali Kota.

Rapat yang berjalan alot itu, pun membedah segala upaya dan progres tentang penyebaran Covid-19, begitu juga dengan tingkat penanganan si pasien, mulai dari ODP, PDP, Suspek dan Positif atau Negatif.

“Nah, masing-masing tahapan ini perlu disikapi dengan bijak. Untuk RSUD Baubau sebagai rujukan, saat ini kita sudah menyiapkan ruang isolasi,” Imbuhnya.

Diadakannya rapat ini, agar wilayah cakupan RS bisa maksimal, sehingga perlu adanya perencanaan yang matang, mulai dair peningkatan SDM, anggaran, sarana prasarana, sesuai SOP (Protap) pada diwilayah penyeberan lingkup tanggung jawab RS.

Dampak lainnya, seperti pada sektor ekonomi, yakni komoditas, juga bermacam kebutuhan pokok lainnya. Patut hindari, utamanya penimbunan yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab. Katanya lagi nada tegas.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini, juga harapkan supaya empat kabupaten ini, sedapat mungkin berkontribusi tahap dan persiapan.

“RSUD Baubau sebagai RS. Rujukan, tentu kontribusinya secara proporsional,” Tandasnya.

Kontributor : Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here