Posko Pengaduan Buruh kategori yang terdampak diskriminasi Perusahaan dan di PHK sepihak, sebagai salah satu Dampak Covid-19

Baubau, Koransultra.com – Pertahun Hari Buruh Internasional tak putus akan perayaan yang disambut dari pelbagai masyarakat dunia, tepatnya 1 Mei ditetapkannya sebagai hari libur nasional termasuk di Indonesia.

Pilunya diambang krisis, mayday-mayday (hari buruh) ikut tertimpa Bencana Nasional berupa Pandemi Covid-19 dibelahan dunia hingga Negara Indonesia.

Akurasinya, soal bencana Pemerintah Indonesia sigap dan akurat, cakupannya dari segala rangkaian regulasi sebagai proteksi memutus mata rantai Covid-19.

Konsolidasi itu, berbeda bagi buruh. Tepat di 1 Mei 2020, banyak buruh di PHK dikarenakan beban perusahaan yang tidak mampu menyeimbangkan aspek keuangan. Salah satunya, bermacam Kebijakan Pemerintah Pusat cukup berdampak pada ekosistem ekonomi Indonesia.

Begitu pula peran Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, lakukan upaya penguatan sistem diseluruh aspek di masyarakat.

Terkekang akan hal tersebut, Kota Baubau bisa saja salah satu wilayah selain kasus dampak Covid-19, juga kasus PHK dampak pandemi itu.

La Ode Armeda Satrian Said (Ketua Bidang HAM dan Lingkungan Hidup Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Baubau)

Langsung saja ditanggapi La Ode Armeda Satrian Said sebagai Ketua Bidang HAM dan Lingkungan Hidup Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Baubau. Dia khawatir PHK dengan sepihak akan hadir diwilayahnya, katanya.

“Saya berharap kepada Pemerintah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan segera melakukan pendataan disetiap pelaku usaha,” Ujarnya tepat pada 1 Mei 2020 (hari buruh).

Tempat hari ini Jum’at, 01 Mei 2020 adalah hari buruh Internasional. Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Baubau memperingati dengan cara yang berbeda daripada tahun sebelumnya.

Demi menjaga diskriminatif buruh, tepat di hari Jum’at (01/05/2020) HMI Cabang Baubau resmi membuka ‘Posko Pengaduan’ sebagai tempat siapapun warga masyarakat yang sempat mengalami PHK sepihak, bisa menyalurkan aspirasi nya di Posko tersebut.

Lebih jauh, Armeda mengatakan, masyarakat tidak sungkan dan merasa takut. Pasalnya, dari identitas (privasi) pelapor dilindungi sesuai hukum perundang-undangan yang berlaku dan tanpa pungutan biaya (gratis).

Lokasi Posko Pengaduan Masyarakat, bertempat di Sekretariat HMI Cabang Baubau, Jl. La Ode Boha Kelurahan Lanto Kecamatan Murhum Kota Buabau, Sultra. (Belakang Masjid Lanto).

Jam buka mulai pukul 15.00-17.30 WITA, Contak Person (CP) 0821-9358-2447. Email:[email protected]

Kontributor: Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here