Unaaha, Koransultra.com- Pelaksanaan Launcing Perdana Pencanangan pemberian suntikan Vaksin Covid-19 berlangsung dipondopo Pemda Konawe 14 Januari 2021.

kegiatan tersebut dibuka dan disaksikan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa tersebut dihadiri Kepala kejaksaan (Kakejari) Konawe, Irwanudin Tadjuddin, Wakil Ketua I DPRD Konawe, Ketut Rai Sudiani, Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapaan serta para Forkopimda sekabupaten Konawe.

Dalam sambutannya Bupati Konawe,Kery Saiful Konggoasa menyampaikan bahwa pandemi covid-19 adalah persoalan kesehatan yang terjadi secara global, maka dengan adanya vaksinisasi ini nantinya mampu memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini.

Untuk itu, upaya pemerintah pusat untuk mengadakan vaksinisasi perlu kita apresiasi yang tinggi dengan melakukan sisialisasi tentang manfaat dari vaksin tersebut kepada masyarakat secara optimal, serta tetap memperhatikan standar protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas keseharian.

“Saya harapkan kepada kita semua untuk tetap menjaga pola hidup sehat serta protokol covid agar kita semua terlindungi dari virus covid-19 ini,” Kata Kery.

Bupati dua periode ini berharap, pemberian vaksin sinovac untuk perdana kali ini dapat berjalan dengan sukses sehingga dapat diberikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Konawe, sehingga wabah covid-19 dapat segera berakhir,” tutup Kery

Untuk vaksinasi tahap pertama ini diberikan kepada 10 pejabat publik serta tokoh agama
diantaranya kepala Kejaksaan Negeri (Kakejari) Konawe Irwanuddin Tadjuddin, kemudian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Konawe Kadek Rai Sudiani, Kandepag Konawe Ahmad Lita Randenlangi.

Selanjutnya disusul oleh Direktur Rumah Sakit (RS) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Konawe dr. Agus Lahida, Kapolsek Unaaha Kadek Sudiadnyana, Wakil Ketua MUI Konawe, Sultan. Perwakilan IDI Moh. Sohibul Kirom, perwakilan PPNI Heti, perwakilan Hindu Ketut Sucika, dan perwakilan Kristiani Pdt. Natan Togau.

Ditempat yang sama, Kepala dinas Kesehatan Konawe, drg. Mawar Taligana, M.Kes, mengatakan Setiap peserta harus lebih dulu melewati pemeriksaan kesehatan. Ada empat meja pemeriksaan yang harus dilewati sebelum akhirnya disuntik vaksin sinovac, Meja pertama pendaftaran, Meja kedua, tempat pemeriksaan selanjutnya meja tiga untuk penyuntikan vaksin dan terakhir Meja keempat, observasi, ” Yang divaksin tidak langsung pulang. Minimal 30 menit duduk untuk dipantau reaksinya, jika terjadi reaksinya langsung diobat, diberikan konsultasi, dan penyuluhan,” ungkapnya.

Pada tahap pertama vaksinasi ini, Mawar Taligana, menyebut ada 3600 dosis vaksin yang didistribusikan untuk kabupaten konawe. Dan diperuntukan untuk 1800 orang dengan rentan waktu suntikan vaksin selama 14 hari kedepan.” Jadi kesepuluh orang ini akan disuntik kali kedua pada tanggal 28 januari mendatang,” terangnya.

Setelah para pejabat, tokoh agama serta perwakilan tenaga kesehatan dilakukan vaksin sinovac secara serentak, kemudian giliran para tenaga kesehatan (nakes) yang berada di puskesmas dan Rumah Sakit Kabupaten yang akan diberikan suntikan vaksin,”Jadi mulai dokter, perawat, karyawan rumah sakit dan puskesmas sampai supir mobil ambulance akan kami berikan suntikan vaksin sinovac ini,” pungkasnya. (ADV)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here