Unaaha,koransultra.com– Pemerintah Kabupaten Konawe mengapresiasi kegiatan pembentukan dan rapat kerja pengurus MKKS SMP Kabupaten Konawe dalam rangka menciptakan dunia pendidikan konawe lebih cemerlang dimasa mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa usai melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Swasta dan Satu Atap se-Kabupaten Konawe untuk massa bakti 2020-2024 di salah satu hotel Kota Unaaha, Selasa 16 Februari 2021

Kata Bupati Kery, kegiatan ini merupakan ajang pencerahan dan memperat silahturahmi ditingkat satuan pendidikan tingkat pertama dalam menjalankan tugas dan fungsi buat semua terkhusus dalam dunia pendidikan.

“Kegiatan ini adalah suatu pencerahan buat kepala sekolah agar mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan insan indonesia yang beriman, cerdas dan kompetitif,”katanya dihadapan para pengurus MKKS Konawe.

Sebagai agen pembelajaran, lanjut Bupati Konawe dua periode , para kepala sekolah dituntut untuk mempunyai kompetensi yang mumpuni, dan ada lima jenis kompetensi tersebut yakni kompetensi menejarial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial.

Sehingga dalam konteks kompetensi tersebut para kepala sekolah diartikan dalam bulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam wujud perangkat tindakan yang cerdas dan bertanggung jawab yang harus dimiliki seorang kepala sekolah sebagai  jabatan profesi.

Selain itu, Kery juga berharap agar Kasek bisa bekerjasama dengan para guru di sekolahnya sebagai tim kerja,  dengan menekankan enam poin yang harus diperhatikan, diantaranya membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, pengoperasian sekolah, menjalin komunikasi sekolah, menata kepegawaian sekolah, dan mengatur pembiayaan sekolah.

“Tugas Kasek tidak hanya membuat program dan poin-poin lainya, akan tetapi masih banyak hal yang perlu dilakukan agar sekolahnya bisa lebih maju dan berdaya saing. Semua itu dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari seorang Kasek,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini juga menyarankan untuk tetap menjaga lingkungan sekolah baik secara fisik maupun spikologis. Lingkungan sekolah secara fisik maksudnya dengan memperhatikan ruang belajar, meja, kursi, penerangan dan sirkulasi udara. Sedangkan lingkungan spikologis artinya, menjaga hubungan harmoni antar guru, siswan dan juga orang tua siswa.

“Jadi dengan dilantiknya pengurus MKKS SMP Periode 2022– 2024 ini, kita harapkan bisa memperbaiki mutu Pendidikan di Kabupaten Konawe. Serta bisa  memunculkan ide-ide yang cemerlang, agar apa yang diharapkan para orang tua murid di Konawe sudah bisa lebih berkompetitif dengan yang lainya,” pungkasnya

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here