Unaaha, Koransultra.com– Wakil bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, melakukan kunjungan kerja (Kunker) tempat pembangunan pabrik perusahaan milik PT Tani Prima Mandiri, dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapaan, kadis BLH, Ilham jaya, H.Burhan, kadis Perizinan Konawe dan kadis perindag Konawe, Jahiuddin, dikecamatan Anggaberi, Rabu 10 Maret 2021

Kunker tersebut bertujuan untuk meninjau aktifitas dan pembangunan pabrik kelapa sawit milik PT Tani Prima Makmur (TPM) serta perkebunan plasma masyarakat.

Dalam sambutannya, Gusli Topan Sabara mengatakan, Pemerintah daerah Kabupaten Konawe memberikan apresiasi kepada perusahaan kelapa sawit yang berada dikecamatan Anggaberi tersebut, karena dengan beroperasinya perusahaan sawit PT Tani Prima Makmur mampu menyerap tenaga kerja lokal hampir 95 persen.

“Hadirnya investasi khususnya perusahaan Sawit PT Tani Prima Makmur ini sangat membantu dalam meringankan beban pemerintah daerah, terkait karyawan PT TPM saat ini terdapat 2500 orang, yang bila digabungkan dalam satu keluarga ada istri dan anak dari karyawan tersebut, jadi kurang lebih sekitar 10 ribu jiwa warga Konawe saat ini yang telah diakomodir dan diringankan oleh PT TPM,”terangnya.

Gusli berharap, kedepan pihak TPM, mampu memperluas areal lahan perkebunan kelapa sawit, dari luas lahan 6 ribu hektar yang ada saat ini menjadi 10 ribu hektar lahan perkebunan, sehingga mampu menyerap tenaga kerja yang lebih besar yang berimbas dengan meningkatnya perekonomian 20 ribu jiwa masyarakat kabupaten Konawe.

Untuk itu pemerintah daerah, lanjut Gusli, akan selalu memberikan ruang bagi para investor yang akan melakukan investasi dikabupaten Konawe dalam rangka mendukung visi misi presiden RI, Joko widodo dan harapan Bupati Konawe untuk menjadikan Konawe sebagai surga investasi Indonesia.

Sebelumnya manager operasional PT TPM, Mei Eka Minsa, mengatakan Perusahaan telah membangun satu pabrik dengan ijin Amdal Nomor 517/04/SKLL/IX Tahun 2019 dengan kapasitas olahan 45 ton per jam dan sejak berdiri pada tahun 2008 lalu, perusahaan sawit PT Tani Prima Makmur (TPM) telah menanam kelapa sawit diatas lahan seluas 6492 hektar dengan mempekerjakan karyawan sekitar 2571 tenaga kerja dengan persentase 95 persen didominasi oleh tenaga kerja lokal.

“Saat ini tengah dilakukan pembangunan pabrik dan tengah dilakukan finising, untuk mendapatkan pabrik yang mampu bersaing dengan kualitas yang terbaik,”ujarnya.

Lanjut Mei, dari luas lahan 6492 hektar tersebut didalamnya terdapat lahan kemitraan seluas 2819 hektar atau sekitar 43 persen dari luas areal yang ada dengan memiliki sekitar 1.462 orang anggota kemitraan yang melalui wadah kelompok koperasi.

“Kami terus melakukan pengembangan sampai 10 ribu hektar, dan saat ini HGU kami 5.348 hektar,” katanya.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here