BantuanLet Kol Laut Edy Harianto, Berjabat Tangan Dengan Bupati Muna, foto : Bensar

Raha, Koran Sultra – Minggu (6/9)  sebanyak 350 peserta Ekspedisi Sail Tomini Tahun 2015, berlabuh di Pelabuhan Nusantara Raha, Kabupaten Muna. Ekspedisi Sail Tomini ini menggunakan  KRI Banda Aceh 539 yang dikomando oleh Let Kol Laut Edy Harianto. Ekspidesi ini  membawa misi kemanusiaan yang dikemas dalam bentuk  Bhakti Nusantara V dibawah koordinasi Kementrian. Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Menko PMK) RI..

Di Kabupaten Muna peserta ekspedisi Sail Tomini V membawa bantuan  bernilai miliaran rupiah. Ada bantuan stimulan perumahan swadaya untuk empat kecamatan di Muna, senilai Rp 12.840.000, diserahkan secara simbolik oleh Mahdalena, Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kementria PMK, kepada Bupati Muna, dr H LM Baharuddin.

Selain bantuan tersebut,  peserta Sail Tomini juga menyerahkan bantuan berupa buku bacaan, mobil rumah sehat/mobil keliling, motor, alat-alat kesehatan, dan obat-obatan, serta sejumlah bantuan lain yang dinilai cukup besar. Dalam sambutannya yang dibacakan Magdalena, Mentri PMK, Puan Maharani menyatakan bahwa alasan mengunjungi Kabupaten Muna adalah karena ingin lebih mengenal masyarakat Muna, dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

IKLAN KPU

“Kami merasa memiliki saudara sebangsa setanah air di Kabupaten Muna. Kami tidak akan kenal kalau tidak mengunjungi, kemudian kita ingin tahu apa yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Muna,”kata Puan Maharani.

Diwawancarai sejumlah media di Raha,, Magdalena mengungkapkan bahwa Kabupaten Muna adalah pulau pertama yang dikunjungi oleh ekspedisi Sail Tomini. Magdalena juga mengatakan sebelumnya, setelah berangkat dari Jakarta, mereka berlabuh di Makassar, dan selanjutnya di Pulau Wawonii dan pulau-pulau lainnya. “Selama satu bulan kami akan berlayar menggunakan KRI Banda Aceh bersama 350 peserta dari unsur pemerintah dan pengusaha, wakil lembaga sosial,  dan pramuka. Untuk empat pulau kami membawa bantuan sekitar Rp 165 miliar,”pungkasnya.

Ditempat yang sama Bupati Muna Baharuddin mengatakan selama tiga hari berlabuh di Muna, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, meliputi  bantuan sosial dari instansi pemerintah, BUMN, ormas, dunia usaha, beruap buku pelajaran, buku agama, peralatan kesehatan, mobil klinik, hidran umum, peralatan ketaranpilan, sembako, dll secara gratis. Kemudian pasar murah, Pelatihan keterampilan, pengobatan, penyuluhan, dan hiburan, serta Penukaran uang yang sudah tidak layak edar oleh BI.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here