Kolaka, Koran Sultra – Mengawali perjalanan dari bandung sejak bulan oktober 2014 tahun lalu, Kakek usia 67 tahun sang pejalan kaki keliling Indonesia ini, akhirya tiba di Kota Kolaka, Sulawesi Tengara, pada minggu 28/11/2015.

Agus Jaya Wirajaya kelahiran Ciparai, kota Bandung 29 pebruari 1949 ini, tiba di Kolaka pukul 6.00 Wita (sore) dengan berjalan kaki sejak pagi hari, dari Daerah Malili bagian Kabupaten Kolaka Utara.
Sesudah melaporkan diri di Markas Kodim 1412 dan MakoPolres Kolaka, Kakek usia 76 Tahun ini menginap di rumah salah satu warga Kelurahan Kowioha, Kecamatan Wundulako,Kabupaten Kolaka, untuk melanjutkan lagi perjalanannya esok hari menuju di Kabupaten Bombana.

Ia mengatakan, setelah di Kabupaten Bomabana nanti, dirinya akan melanjutkan lagi perjalanannya menuju Kota Nunukan (Kalimantan Utara) dengan melintasi Kota Kendari ke Daerah Bungku,dan menuju Deareh Luwuk Banggai hingga ke Kota Poso (Sulawesi Tengah).

Pada Koran Sultra, Agus Jaya Wirajaya mencertikan, jika perjalanannya keliling Indonesia kali ini adalah perjalanan yang ke empat kalinya, dalam 5 tahun berturut turut .

Meski dengan usianya yang terbilang sudah mencapai usia manula, Kakek dari 10 cucu hasil dari 6 orang putra putrinya tersebut, mengaku masih tetap semangat dalam melakukan misi berjalan kaki keliling Indonesia.

Ketika di tanya apa maksud dan tujuan dalam perjalanannya tersebut, Kakek ini dengan tegas menjawab jika tujuannya hanya semata mata menyenankan diri dengan lebih mengenal lagi wilayah Indonesia dengan cara menikmati alam.

IKLAN KPU

Agus menambahkan , selama dalam perjalanannya, ia merasa bersyukur karena dirinya tak pernah mengalami sakit-sakitan, meski jarak tempuh setiap hari, diirinya berjalan kaki dapat mencapai 40 Kilo Meter.” Alhamdullilah, saya tetap sehat, hanya saja yang terkadang menghambat perjalanan saya, adalah jika turu hujan”. Terang Kakek ini

Ia menambahkan, jika hobi dengan cara unik dalam mengelilingi Indonesia ini adalah salah satu cita-citannya sejak menduduki bangku SD, namun baru kali ini cita-cita tersebut baru ia capai meski dengan sudah usia senja. “selain ini adalah cita-cita saya sejak kecil, keliling Indonesia, dengan cara berjalan kaki ini adalah hoby dan jiwa saya”. Unkapnya

Jika sepintas terlihat atribut dalam melakukan berjalan kaki Keliling Indonesia , dalam melakukan berjalan kaki setiap hari Agus Jaya Wirajaya, tak luput dari baju dan celana loreng TNI, sehingga sepintas dapat terpikir, jika Kakek ini adalah pensiunan TNI atau dirinya pernah bercita-cita menjadi prajurit TNI.
Namun jangan salah, jika pakaian yang dipakainya setiap berjalan kaki itu, rupanya hanyalah sebagai pemberian selaku penghargaan dari para anggota TNI pada saat dirinya melewati setiap wilayah teretorial.
“Ah, tidak juga kok, pakaian loreng ini adalah pemberian anggota TNI, sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap saya untuk menempuh perjalanan keliling Indonesia dengan berjalan kaki”. Unkap Kakek 76 Tahu ini. pada Koran Sultra.

Kontributor : Miswan Okil

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here