Foto Bersama Pemkab Koltim dan Pemerintah prancis disalah satu Hotel di Jakarta. Dok: Kepala BAPPEDA
Foto Bersama Pemkab Koltim dan Pemerintah prancis disalah satu Hotel di Jakarta. Dok: Kepala BAPPEDA

Tirawuta, Koran Sultra – Akhir akhir ini Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah Sering – sering Berkomunikasi dengan Orang – orang asing. baik itu dengan cara mengunjungi negara tersebut, maupun berdialog dengan bangsa asing di Jakarta. Tentu saja besar harapan Tony Kabupaten yang dipimpinnya itu dapat bersaing dengan kabupaten lain.

Berbeda beberapa waktu lalu Tony Berkomunikasi dengan orang – orang asing dari Korea Selatan, dengan cara bertolak ke Negara mereka. Kini kembali Tony melakukan komunikasi dengan bangsa asing dari Negara Prancis. Belum lama ini Bupati Tony bersama Kepala BAPPEDA Koltim DR. Mustakim Darwis menghadiri pertemuan bersama dengan pemerintah Prancis.

Kata Tony, President Green Building Prancis Mr Franck Miraux P, saat menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim, di Jakarta Baru-baru ini, memaparkan tentang program urban development dan management tolls, yang telah diterapkan di Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Yang nantinya program tersebut bakal diterapkan juga di Koltim.

Pemerintah Prancis kata Tony, Bakal bekerja sama dengan Pemkab Koltim dalam menata ruang kota Koltim menjadi indah, seindah negara prancis. Seperti yang telah disepakati saat pertemuan keduanya di salah satu hotel di jkarta.

Kata dia, Pemerintah Prancis adalah salah satu negara yang membuka peluang, untuk mengadakan kerjasama dengan beberapa Kabupaten di Indonesia, termaksud Kabupaten Koltim.

Saat pihaknya melakukan pertemuan dengan President Green Building asal prancis, Koltim merupakan salah satu kabupaten yang dilirik oleh Prancis. “Rencananya kita akan lakukan kerjasama dalam penataan kota seperti yang telah diterapkan di Kabupaten Wonosobo,”ungkap Tony.

Kata Suami Surya Hutapea ini, yang membuat pemerintah prancis tertarik bekerja sama dengan Pemkab Koltim dalam menata ruang kota Koltim, itu karena Madu hutan. ”Pemerintah Prancis tertarik dengan salah satu komoditas unggulan hasil hutan Koltim yaitu madu Hutan,”ujarnya.

Sehingga Pemda Koltim dan Pemerintah Prancis juga bakal melakukan pengembangan potensi madu Koltim dengan pengusaha Prancis, yang nantinya, Madu Hutan Koltim bakal ikut dikembangkan di Negara Prancis.

Dalam waktu dekat ini Kata Ketua DPD Partai Nasdem ini, Franck Miraux rencananya akan berkunjung ke Koltim melihat secara langsung potensi yang ada di Koltim. “Mereka akan berkunjung dulu untuk melihat potensinya. Jika kerjasama ini terlaksana mudah – mudahan bisa memberikan manfaat bagi Koltim,” katanya.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here