Salah satu Polantas saat sedang Melakukan penilangan terhadap salah seorang pengemudi yang tidak mengenakan helem Foto: Israil Yanas
Salah satu Polantas saat sedang Melakukan penilangan terhadap salah seorang pengemudi yang tidak mengenakan helem Foto: Israil Yanas

LASUSUA, KORAN SULTRA-Satlantas Polres Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara telah melayangkan 279 Surat tilang selama tahun 2017 ini. Pelanggaran masih dinominasi pengendara tidak menggunakan Helm dan tidak membawa surat-surat kelengkapan kendaraan. Selain itu angka kecelakaan lalulintas sudah mencapai Sembilan kasus dan satu tewas.

Kasat Lantas Polres Kolut, IPTU Yonathan, yang ditemui media menjelaskan, untuk kasus tilang di Kolut masih didominasi oleh pengendara yang tidak memakai helm. Adapun laka itu laporan berbeda di beberapa titik kecamatan semisal menabrak, tabrakan hingga korban laka tunggal hingga.

“Penyebab kecelakaan ban kendaraan menginjak batu dan terjatuh. Tetapi masalahnya laju kendaraan kencang dan tidak memakai helm yang akhirnya bagian kepala korban memprihatinkan,” ungkapnya

Ia menghimbau kepada pengendara untuk menggunakan Helm dan mengikutkan kelengkapan surat-surat kendaraannya, karena dengan menggunakan helm, pengendara mengurangi resiko cacat dibagian kepala saat terjatuh. Ungkap perwira dua balak ini.

Tahun ini jajarannya akan menggalakkan kembali zona kawasan tertib lalu lintas (ktl) di rute Jalan Tomakedda Kelurahan Lasusua atau dari Tuguh Kelapa – Simpang Tiga Samroi. Pihaknya telah mengusulkan kembali penambahan rute ktl tersebut namun belum disahuti pemda karena harus melalui peraturan bupati.
“Setiap tahunnya setidaknya ada penambahan panjang rute ktl namun usulan kedua belum disahuti. Kalau menyangkut nama jalannya saya kurang tahu persis nama-namanya karena setahu saya menyaangkut penamaan ini belum ada perdanya hingga kita tidak tahu setiap rute jalan apa saja. Saya harap ini (perda) sudah bisa diperhatikan,” jelas Yonathan mantan Kapolsek Kodeoha ini.

Kontributor : Israil
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here