Kadis Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UKM) Kolut Berkian Foto:  Fyan
Kadis Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UKM) Kolut Berkian Foto: Fyan

LASUSUA, KORAN SULTRA-Tiga Koperasi nelayan di kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara, terima bantuan kapal dan alat tangkap ikan dari Kementrian Kelautan dan perikanan (KPP).

Bantuan APBN tahun 2016 senilai Rp 7,5 milyar itu, diberikan pada tiga koperasi nelayan, diantaranya Koperasi Bahri Putra Lasusua, Koperasi Bakti Bahari Tolala, dan Koperasi Syariah Lawata Pakue Tengah. Masing-masing koperasi nelayan diberikan bantuan senilai Rp 2,5 milyar.

Kadis Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UKM) Kolut Berkian mengatakan, sebebelumnya ia telah mengusulkan lima koperasi nelayan untuk diberikan bantuan kapal dan alat tangkap ikan. Namun, hanya tiga koperasi yang dapat direalisasi oleh Kementrian. Sebab, dua koperasi tersebut belum memiliki sertifikat dari kementrian.

”Koperasi wajib mengantongi sertifikat dari kementrian Koperasi dan UKM,” kata Berkian pada Koran Sultra baru baru ini.

Kata dia, ada sekitar 15 kabupaten kota yang mengusul bantuan serupa di kementrian tersebut, namun hanya dua kabupaten yang dapat direspon baik, yaitu kabupaten Kolut dan Buton Utara. “Kolut masuk dalam kategori pengelolaan administrasi koperasi terbaik di Sultra,” ujarnya.

Nantinya kata Berkian, tiga koperasi tersebut dikelola secara mandiri, namun tetap berada dibawah naungan dinas koperasi, dalam hal pembinaan dan fasilitator terhadap bantuan dari pusat.

”Karena tukfoksi koperasi dan UKM Kolut, untuk membina dan memfasilitasi apabila ada bantuan dari kementrian,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan dari kementrian tersebut dapat dikelolah dengan baik dan benar. ”Mengingat kolut berada di pesisir, tapi masih kekurangan ikan. Bahkan masyarakat masih mengandalkan ikan dari luar kolut,” katanya.

Untuk diketahui, tiga koperasi nelayan ini, diberikan bantuan pada januari lalu. Bantuan tersebut dibuat dari fiberglass dengan ukuran masing-masing enam unit kapal dengan volume 10 gross tonnage (GT), dan tiga unit kapal volume 20 gt.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here