Camat Kecamatan Tanggetada, Sirajuddin (Kiri) Foto : Hamdan
Camat Kecamatan Tanggetada, Sirajuddin (Kiri) Foto : Hamdan

KOLAKA KORAN SULTRA-Ratusan kontingen peserta di Kolaka ramaikan jalannya Pawai Ta’aruf Seleksi Tilawatil Qur’an dan Festival Seni Kasidah. Tepat jam 14.00 para kontingen berjalan santai star dari pelataran rumah Adat Mekongga kemudian finis di alun-alun 19 November Kolaka. Semarak para kontingen yang diiringi yel-yel memperkenalkan asal daerah masing-masing (11/02).

Pelaksanaan seleksi tilawatil Qur’an (STQ) dan festival Seni Qasidah kali ini dilaksanakan di tiga titik sentral Kabupaten Kolaka. Diantaranya Gedung Islamic Centre, Aula Rumah Adat Mekongga dan Alun-alun 19 November Kolaka yang berlangsung selama empat hari hingga Rabu (15/02).

Pembina Muda KUA Tanggetada Arman mengatakan, Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) sebenarnya merupakan ajang pencarian bakat tinggat pemula. Bagi para peserta akan di ikut sertakan dalam tingkat Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Karena jenis kegiatan yang dilombakan dibagi dalam beberapa sub item baik dari tingkat anak-anak maupun dewasa.

Hal tersebut di mulai dari Hafids Qur’an (MHQ) penghafal dari 1 juz tingkat anak-anak hingga 10-30 juz tingkat dewasa dan tilawah, tafsir golongan bahasa arab, bintang vocalis hingga qasidah rabbana dewasa dan anak-anak.

”Sebagai ajang pencarian bakat STQ juga memiliki banyak peranan dalam roda pemerintahan pada khususnya dalam membentuk karakter umat di bidang spritual keagamaan. Apalagi dalam program Bupati Kolaka ahmad safey yakni menghidupkan kembali mejelis zikir di Kabupaten Kolaka dewasa ini. Hal tersebut menambah semarak dan antusias masyarakat untuk ikut serta dalam mengembangkan bakat pada khususnya dalam memahami Al-Qur’an dan seni,” kata Arman.

Kontributor : Hamdan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here