Bupati KoltuRusda Mahmud
Bupati KoltuRusda Mahmud

LASUSUA, KORAN SULTRA-Sebanyak 127 Kepala Desa (kades) di Kolaka Utara (Kolut) mengikuti rapat sosialisasi Petunjuk Teknis Operasional (PTO), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) 2017. Yang dihadiri oleh Bupati Kolut, camat, kepala SKPD, kepala kejaksaan negeri lasusua serta kapolres kolut baru-baru ini di hotel Swawindu lasusua.

Bupati kolut Rusda Mahmud, dalam sambutannya mengatakan, keseriusan pemerintah daerah kabupaten kolut yang berkaitan dengan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa sebagai tumpuan obyek dan sasaran pembangunan nasional, untuk diharapkan desa mampu menjadi lokomotif dalam bidang ekonomi maupun sosial budaya dan politik karena desa merupakan identitas paguyuban masyarakat yang paling terdepan dalam pembangunan desa khususnya kolut.

IKLAN KPU

Menurut Rusda, desa tidak terlepas dari peran Pemda karena kekuatan supra desa mempunyai fungsi fasilitas dan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, keuangan, pembinaan dan pengawasan, pemda juga berkewajiban menuntun desa menuju gerbang perubahan desa yang mandiri, sejaterah dan demokratis, ujarnya.

Karena itu, calon gubernur sultra ini berharap agar pengelolaan ADD dan DD berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, dan meminta kepada seluruh kades dan aparatnya lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan masyarakat kolut, ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) kolut, Taofik S, menambahkan tujuan sosialisasi ini agar setiap kades mengetahui bagaimana penggunaan ADD dan DD dalam bentuk PTO dan Peraturan Bupati (Perbub) 2017.

“Sebelum penggunaan anggaran, harus ada perencanaan di desa kemudian susunanan rancangan APB Des lalu musyawarah desa bersama BPD dan masyarakat kemudian kades membuat rancangan Peraturan Desa (Perdes) dan diserahkan ke BPD untuk dibahas “, katanya.

Terkait banyaknya informasi dari masyarakat tentang penyusunan rancangan PerDes tanpa melibatkan masyarakat, ” saya tidak mau dengar ada kades yang membuat perdes tanpa keterlibatan unsur masyarakat, karena UU desa nomor 6 tahun 2014 sudah jelas tentang pembuatan perdes,” tegasnya.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here