Dok Istimewa
Dok Istimewa

KOLAKA, KORAN SULTRA– Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dharma Kartika kandas di laut saat sementara dalam perjalanan dari Pelabuhan Bajoe Bone ke Pelabuhan Kolaka Sulawesi Tenggara, Minggu (19/2).

Informasi yang dihimpun Koran Sultra menyebut, KMP Dharma Kartika memuat sebanyak puluhan penumpang, bahkan dintaranya ada beberapa balita.

Dari keterangan salah satu penumpang, kejadian tersebut terjadi sekitar 19:15 wita. Cuaca yang memburuk, sehingga mengakibatkan alat navigasi kapal tersebut tidak dapat berfungsi untuk mendeteksi keberadaan Mercusuar di jalur laut.

”Saya kaget pada saat kapal memutar balik ke pelabuhan bajoe. Ternyata informasinya pihak nakhoda kapal tidak dapat mendeteksi mercusuar. Sehingga kapal memutar balik ke pelabuhan bajoe. Saat memutar, kapal tersebut tiba-tiba menghantam karang yang hingga akhirnya kandas,” jelas Parenreng Ramli yang dikonfirmasi lewat via telepon.

Kata Sekdis Kesehatan Koltim itu, Jarak tempat kandas kapal tersebut diperkirakan sekitar 2 mil dari pelabuhan Bajoe.

”Hingga saat ini para penumpang mulai dievakuasi oleh tim Basarnas Bone,” kata Parenreng Ramli saat dikonfirmasi lewat via telepon.

Kata dia, semua penumpang kapal sudah mengenakan pelampung. ”Disini semua sudah mengenakan pelampung. Belum ditau juga kapan evakuasi ini selesai. Sebab, hanya ada satu kapal dari basarnas yang mengevakuasi penumpang. Mana kapal basarnas yang mengevakuasi penumpang ikut kandas juga,” katanya.

Diketahuinya untuk saat ini baru sekitar 30 penumpang yang berhasil di evakuasi oleh tim basarnas.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here