koran sultra
koran sultra

MUBAR, KORAN SULTRA– Untuk mewujudkan system pengelolaan keuangan yang akuntabel dan kredibel, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintahan daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sultra, ditekan agar melakukan system pengendalian internal.

Ini sebagaimana dikemukakan Kepala Inspektorat Kabupaten Muna Barat Hainuddin, saat berbincang dengan sejumlah awak Media di ruang kerjanya, belum lama ini.

“Ya, agar tercipta system pengelolaan keuangan yang kredibel dan akuntabel, pelaporan harus yang tuntas atau tertib,” ujarnya.

Menurut dia, selain demi terwujudnya system pengelolaan keungan yang transparan dan akuntabel, juga demi mencegah atau mengindari terjadinya penyalahgunaan pinyimpangan keungan Negara yang bisa membuka ruang kemudian berdampak pada hukum.

“Tatakelola keungan yang baik, tentunya juga dapat membantu proses terhadap pembangunan daerah. Di tahun 2016, berdasarkan hasil penilaian Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI, system pengelolaan keuangan di lingkungan Pemda Mubar mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ungkapnya.

Dari hasil WDP kata dia, tentunya menjadi tanggungang jawab Pemda Mubar untuk berbenah dan memperbaiki system, terutama pada basis kas (lapooran transaksi) keungan yang masuk dan keluar.

“Termasuk system laporan keungan pada basis accrual, yakni system laporan keuangan secara komphrensif (keselurahan), yakni transaksi laporan kas masuk dan keluar termasuk hutang atau piutang Pemda.

Lebih lanjut dia, ini penting diperhatikan, agar di tahun 2017, system pengelolaan keuangan Kabupaten Muna Barat lebih baik dan tertib, sehingga dapat meraih predikat atau tropi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),”katanya.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here