ANDOOLO, KORANSULTRA.COM – APBD-P tahun 2017 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di tetapkan. Sebesar Rp.1. 278 Triliun atau naik Rp. 52 Milyar dari sebelumnya, atau sekitar 4,30 persen. Sedangkan Belanja Daerah semula Rp.1.265 Triliun menjadi Rp.1. 362 Triliun atau naik 7.66 persen.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo didampingi wakilnya Nadira serta para anggota DPRD konsel. Paripurna kali itu juga di hadiri Bupati konsel, Surunuddin Dangga bersama kepala SKPD serta pejabat lingkup pemda konsel.

Terlebih dahulu dengan mendengarkan pandangan akhir Fraksi-fraksi yang di wakili, Samsu menyampikan bahwa pada APBD- Perubahan 2017 Pendapatan Daerah telah ditetapkan.

“sebesar Rp.1.278 triliun lebih yang naik sebesar Rp. 52 miliyar lebih dari semula atau naik sebesar 4.30 persen. Sedangkan Belanja Daerah yang semula Rp.1.265 triliun menjadi Rp.1.362 triliun lebih atau naik sebesar 7.66 persen. Sehingga ke delapan fraksi menyatakan setuju ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” ungkap Samsu, Selasa (17/17).

Bupati konsel dalam sambutannya mengatakan, Perubahan Anggaran pada sisi pendapatan diperlukan untuk menyesuaikan target-target pendapatan dalam APBD yang dianggarkan terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Sedangkan perubahan pada sisi Belanja diperlukan untuk menyesuaikan rencana anggaran belanja dengan sumber sumber penerimaan baru.

” seperti penyesuaian standar satuan harga, perubahan asumsi ekonomi makro terhadap kemampuan fiskal daerah, perubahan kebijakan ditingkat pusat dalam bentuk regulasi atau produk-produk hukum lainnya, proyeksi belanja yang menjadi prioritas sesuai aspirasi masyarakat dan permasalahan aktual yang berkembang serta perlunya penjadwalan ulang beberapa kegiatan,” paparnya.

Ditambahkanya, seperti halnya pendapatan dan belanja daerah pada penerimaan pembiayaan daerah juga mengalami perubahan sebesar 115, 33 persen. Semulanya sebesar Rp. 39 miliyar lebih namun, setelah perubahan naik menjadi Rp. 84 Miliyar lebih.

” kenaikan tersebut dikarenakan adanya penambahan silpa tahun anggaran sebelumnya sebesar Rp. 45 Miliyar sedangkan pengeluaran pembiayaan hanya mencatat nilai penambahan sebesar Rp.1 miliyar dari anggaran sebelumnya yang tidak dianggarkan” tutupnya saat menghadiri Paripurna di DPRD konsel.

Kontributor : Kasran
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY