Raha – Koran Sultra – Wacana peningkatan status Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna Raha menjadi trending topik saat wisuda lulusan program sarjana periode XI tahun 2017 institusi tersebut. Bupati Muna LM. Rusman Emba menegaskan mendukung dengan penuh pembentukan STIP menjadi Universitas.

Menurut mantan senator DPD RI ini bahwa universitas ini sangat penting bila ditinjau dari sudut pandag ekonomi. ” Keberadaan Universitas dapat menekan laju pejalar yang ingin menuntut ilmu diluar Muna. Dengan begitu perputaran ekonomi lebih menggeliat” Katanya.
Lanjutnya, Mahasiswa yang membelanjakan kebutuhan kuliah uangnya tak sampai keluar dari daratan Muna. ” Dapat dibayangkan nilai uang yang beredar jika itu terjadi. Selama ini uang keluar dari Muna karena biaya kuliah diluar didaerah. Jumlahnya pum tak sedikit” Tuturnya.

Dewan pembina Yayasan Perguruan Tinggi Wuna Raha Ridwan BAE juga menerangkan perannya dalam membangun STIP. Langkah-langkah strategis sudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan yang miliki sebagai anggota DPR RI. Ridwan meminta rekannya yang juga sesama anggota DPR RI untuk mengawal rencana pembentukan universitas. Harapannya tahun depan terealisasi.

“Tanpa mendahului tuhan, mudah-mudahan 2018,” kata Ridwan BAE yang juga anggota Komisi V DPR RI saat memberi sambutan pada wisuda STIP Wuna Raha di Aula Galampano, Senin (30/10/2017)

Demikian pula Ketua Yayasan Uking Djasa yang punya semangat besar demi terbentuknya rencana besar ini. Uking menceritakan bagaimana dirinya berjuang untuk memuluskan rencana ini. Hasilnya cukup signifikan. Satu rekomendasi dikeluarkan Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk dilanjutkan dikementrian terkait. Mantan ketua DPRD Muna ini tak menampik jika tahun depan bisa terbentuk. Setidaknya seperti itu harapannya.

Ketua STIP Wuna Raha Laode Hidayat Bolu punya harapan harapan yang sama agar institusi yang dipimpinnya bisa nail status. Karenanya Hidayat meminta dukungan kepada Bupati Muna, Pembina, pengawas dan pengurus yayasan. Tak lupa juga harapan dukungan dari keluarga besar atau alumni STIP Wuna.

Terkait wisuda, STIP menelorkan 121 wisudawan dengan rincian sebagai berikut. Budidaya Perairan 17 sarjana, kehutanan 25 wisudawan. Kemudian 36 orang dari program studi Agribisnis dan terakhir dari Agrotekhnologi 43 sarjana. Sementara angka IPK berada pada nilai 3,39.

Hidayat juga menerangkan bahwa program studi sudah terakreditasi bahkan ada diantaranya mendapat nilai B. Sementara untuk institusinya STIP menjadi satu-satunya PTS dimuna yang terakreditasi. Ini tentu menjadi semangat Civitas Akademika dalam menghadapi reakreditasi institusi tahun 2018. Menurutnya ini bukan perjuangan yang mudah. Karenanya STIP terus meningkatkan kualitas dibidang akademik, pelayanan dan pengabdian masyarakat.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY