Unaaha, Koran Sultra – Wakil Bupati Konawe, Parinring meresmikan tempat pembuangan sampah akhir setelah pemerintah provinsi melalui satuan kerja pengembangan sistem penyehatan lahan pemukiman menyerahkan pengelolaannya kepada pemerintah daerah Kabupaten Konawe, senin (04/12).

TPA yang berlokasikan dikelurahan Mataiwoi Kecamatan Tongauna berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 5 ha kurang lebih 4 km dari kota Unaaha Kabupaten Konawe.

Sahabuddin selaku Satker sistem penyehatan lingkungan permukiman Provinsi Sulawesi Tenggara mengatakan pembangunan TPA tersebut menggunakan dana dari dua tahun anggaran yakni tahun anggaran tahun 2016 sebesar 13 milyar dan tahun 2017 ada dana optimalisasi berupa pemasangan batu sehingga dana yang digunakan mencapai 14 milyar.

Untuk itu lanjutnya agar kedepan TPA ini bisa dimanfaatkan serta dijaga .

“Memelihara TPA ini bukan seperti memelihara gedung,kita harus berpikir bagaimana cara agar TPA tersebut bisa bertahan lama,karena investasi untuk satu TPA ini secara total mencapai 2 milyar.”harap sahabuddin.
Sementara itu Parinringi selaku wakil bupati konawe berharap bantuan yang layak dalam pengelolaan sampah selain TPA karena menurut beliau kabupaten konawe telah kali ketiga mendapatkan predikat Adipura.

“Kami berharap tahun depan alokasi dana bantuan untuk kabupaten konawe lebih besar,agar pengelolaan sampah dikabupaten konawe bisa lebih maksimal.”harapnya

Dalam peresmian TPA serta penyerahan pengelolaan dan pemanfaatan aset tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah tersebut dihadiri juga beberapa kepala SKPD kabupaten Konawe.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here