Ilustrasi

Lasusua, KoranSultra.Com – Pemerintah Daerah (Pemda)Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), rencananya akan segera merealiasikan Bandar Udara (Bandara)tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut di ungkapkan Bupati Kolut, Nur Rahman saat melakukan peninjauan lokasi penempatan bandara di Desa Kalu-Kaluku, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolut, Kamis (7/12).

IKLAN KPU

“Lokasi bandaranya direncanakan berada di perbatasan antara Dusun V Desa Kalu-Kaluku dengan Dusun I Desa Lametuna,” ungkapnya.

Bandara tersebut Kata bupati, merupakan program nasional dari kementerian perhubungan (Kemenhub) yang harus direalisaikan tahun mendatang.

“Makanya dari Kemenhub memberikan tenggak waktu kepada pemda kolut untuk segera merealisasikan bandara secepatnya, jika tidak akan dialihkan ke luwu timur (Lutim) sulawesi selatan” ujarnya

Namun, lanjut bupati, pihak pemda kolut tetap optimis untuk merealisasikan pembangunan bandara. Sebab, dengan hadirnya bandara, perekonomian masyarakat juga akan mengalami kemajuan.

“Jadi Kami meminta kepada pemilik lahan, agar bersedia membebaskan lahannya dengan cara ganti rugi,” harapnya.

Sekedar informasi, pembangunan bandara di kolut tahun 2018 tersebut, menggunakan anggaran dari kemenhub dan untuk biaya pembebasan lahan menggunakan anggaran daerah.

Bandara tersebut diketahui berada di wilayah pesisir pantai dengan bentangan landasan pacu pesawat sekitar 150 meter untuk di darat dan 150 meter untuk di laut.

Kontributor: Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here