Kepala BPBD Konawe saat uji Lapangan di Bendung Wawotobi

Unaaha, Koran Sultra – mengingat cuaca ekstrim akan terjadi serta curah hujan yang tinggi pihak BPBD menghimbau masyarakat agar waspada.

Hal tersebut berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari BMKG yang mengatakan pada bulan ini akan terjadi cuaca ekstrim serta curah hujan yang cukup tinggi.

IKLAN KPU

“Walaupun banjir terkadang terjadi bulan juni dan juli namun dari BMKG mengatakan agar waspada karena dibeberapa wilayah dikonawe akan terjadi curah hujan yang tinggi.”ujar Jahiuddin kepala BPBD Konawe usai simulasi uji lapangan,rabu (13/12).

Dirinya menambahkan beberapa wilayah kecamatan sangat berpotensi rawan banjir,diantaranya kecamatan sampara,besulutu,bondoala,soropia,kapoila,wonggeduku,pondidaha,wawotobi,amonggedo,latoma,asinua serta kecamatan Tongauna.

“Wilayah tersebut dikarenakan diapit oleh dua sungai besar yaitu sungai konaweeha dan sungai lahambuti.”lanjutnya.

Ketika ditanyai kesiapan pihak BPBD dalam menyambut natal dan tahun baru 2018 untuk sekarang pihaknya belum membentuk tim posko penanggulangan banjir mengingat curah hujan yang turun masih relatip rendah namun dirinya akui beberapa wilayah dikecamatan sampara tergenang air.

“Kami belum bentuk dikarenakan belum sampai berimbas pada kerusakan dan kerugian pada masyarakat namun kami tetap waspada.”pungkasnya.

KONTRIBUTOR : NASRUDDIN

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here