Unaaha, Koran Sultra – Menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018 pihak BPBD Kabupaten Konawe belum membentuk tim posko penangulangan banjir.

Berdasarkan data yang diterima dari BMKG untuk tahun ini intesitas hujan yang masih sedang. Walau demikian,Kepala BPBD Konawe,Jahiuddin mengakui walaupun intensitas curah hujan yang relatif rendah telah mampu merendam beberapa wilayah dikecamatan sampara.

“Kejadian tersebut belum sampai berimbas pada kerusakan terutama pada masyarakat jadi kami belum buat posko antisipasi banjir.”ungkapnya saat ditemui usai simulasi uji lapang,rabu (13/12).

Untuk Konawe sendiri banjir diperkirakan terjadi pada bulan juni dan juli namun dirinya tetap mengaku waspada berhubung informasi yang dihimpun dari BMKG curah hujan untuk wilayah kabupaten konawe curah hujannya cukup tinggi beberapa hari kedepan terutama pada beberapa wilayah.

“Tiap hari kami dapat informasi dari BMKG bahwa untuk sekarang kita harus siaga berhubung cuaca ekstrim yang tinggi.”terangnya.

Dari pantauan peta resiko banjir terdapat beberapa kecamatan yang rawan banjir diantaranya kecamatan sampara,besulutu,soropia,kapoila,Bondoala,wonggeduku,pondidaha,wawotobi,amonggedo,latoma,asinua dan kecamatan tongauna.

“Wilayah tersebut dari peta ditetapkan sebagai daerah rawan banjir mengingat wilayah tersebut diapit dua sungai besar yakni sungai lahambuti dan sungai konaweeha.”pungkasnya.

KONTRIBUTOR : NASRUDDIN

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY