Kendari, Koran Sultra – Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (FISIP) Universitas Haluoleo mengadakan Lokakarya terkait Pemetaan Masalah dan Potensi Kesejahteraan Sosial di Kecamatan Kambu Kota Kendari, bekerja sama dengan Laboratorium Ilmu Kesejahteraan FISIP UHO, pada Rabu 20/12 lalu, bertempat di Aula FISIP UHO.

Lokakarya yang diadakan oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UHO, dikhususkan bagi yang memrogramkan Mata Kuliah Praktikum I.

Aryuni Salpiana Jabbar sebagai salah satu dosen pengampu mata kuliah Praktikum I, memberikan pemahaman kepada mahasiswa tujuan dilakukannya penelitian ini, ” misi kegiatan praktikum adalah memetakan dan mengidentifikasi seputar penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) serta potensi sumberdaya kesejahteraan sosial (PSKS).” katanya.

IKLAN KPU

Dalam upaya melakukan pemetaan dan pengidentifikasian, mahasiswa dibekali pemahaman yang didukung dengan buku petunjuk serta media pembelajaran online, yaitu Edmodo.sebagai supporting system.

Setelah melalui tahap pembekalan, para mahasiswa ini diarahkan secara berkelompok ke tiga lokasi, yaitu Kelurahan Lalolara, Padaleu, dan Kambu yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kampus UHO dan sebelumnya telah dikunjungi oleh dosen pengampu dalam koordinasi dengan pihak kelurahan sebagai lokasi sasaran kegiatan praktikum. ” Kegiatan praktikum dilaksanakan selama 2 bulan sejak Oktober-Desember 2017,” tambah Aryuni.

Dari hasil kegiatan praktikum tersebut ditemukan masih banyak masalah sosial yang mendera masyarakat, khususnya kaum perempuan, demikian menurut Ardana dan Retno, selaku perwakilan kelompok. “berbagai masalah sosial yang ditemukan tersebar di tiga kelurahan tersebut, yaitu wanita rawan sosial ekonomi dan lansia terlantar” katanya.

Olehnya itu, tambahnya. Laporan praktikum ini akan menjadi sumbangsih pemikiran dari mahasiswa jurusan ilmu kesejahteraan sosial dengan harapan dapat membantu pemerintah dalam perumusan kebijakan terkait peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di Kota Kendari,” ujar Ardana yang dibenarkan pula oleh Retno.

KONTRIBUTOR : BENSAR

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here