Raha, Koran Sultra – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Andap Budhi Revianto memantau langsung pengamanan pelaksanaan perayaan hari raya natal di Kabupaten Muna, provinsi Sulawesi Tenggara, senin 25/12.

Dalam kunjungannya kebeberapa gereja yang ada di daerah ini Kapolda Sultra didampingi Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, Karo Ops Polda Sultra Kombes Pol Subnedi, Wakapolres Muna Kompol Yusuf Mars, Kabag Ops Kompol Arman dan beberapa perwira Polres Muna.

Kehadiran Kapolda Sultra ini untuk memastikan pelaksanaan perayaan Hari Raya Natal didaerah ini berlangsung dengan aman, Dihadapan jajarannya Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengimbau agar personilnya tidak hanya fokus pada pengamanan perayaan natal saja, dirinya meminta agar aparat juga fokus terhadap rumah – rumah warga yang kosong ditinggal pemiliknya yang berlibur selain itu pengamanan juga agar dilakukan di titik – titik sentral keamanan, katanya.

” Kalau kita berbicara aman, keamanan ini penting, jika aman Insya Allah pembangunan nasional itu akan lancar,” ujarnya.

Kapolda mengatakan dalam melakukan pengamanan Hari Raya Natal ini pihaknya juga melakukan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama di setiap tempat ibadah untuk melakukan pengamanan. Hal ini kata dia, dilakukan untuk mencegah gangguan kamtibmas saat perayaan Natal berlangsung.

IKLAN KPU

Bupati Muna, LM. Rusman Emba memberikan apresiasi kepada aparat Kepolisian, TNI dan masyarakat yang sama sama sudah menjaga ketentraman di Muna.

“Alhamdulillah pelayanan dari kelolisian sangat baik sekali dan luar biasa, Dari hari hari sebelumnya persiapannya sangat matang. Sehingga ini terjaga dengan baik. Apalagi selama satu tahun belakangan ini di Raha, aman aman saja. Dan ini akan menjadi nilai tambah buat daerah kita Apalagi saat ini Muna kita lagi promosikan destinasi wisata dengan tag line “mai te wuna”. Dan ini yang harus sama sama kita jaga,” Kata Rusman.

Lanjutnya, persoalan konduktivitas yang saat ini di Muna, ini pernah menjadi cibiran bahwa Muna itu sebuah daerah yang kerap dengan kekerasan dan konflik. Namun dengan pelayanan aparat kemanan yang begitu sigap maka keamanan di Muna sangat luar biasa sekali. ” Saya ucapakan terima kasih kepada Bapak Kapolda dan Bapak Kapores Muna ini menjadi semacam spirit yang sangat besar yang telah menginisasi hal hal yang selama ini asumsi di Muna penuh dengan dinamika,”jelasnya.

Ditempat yang sama Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos mengatakan, untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi pada peringatan Natal dan Malam Tahun Baru 2018, Kepolisian menggelar apel pasukan Operasi (Ops) Lilin 2017.

“Operasi Lilin 2017 dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 mendatang dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung dengan kegiatan intelejen dan penegakan hukum,”ungkapnya.

Kata dia, pengamanan untuk Natal dan Tahun Baru sudah lakukan mulai awal bulan sebelumnya. “Ada sekitar 200 anggota yang kami siapkan dan mereka akan terus mengawal kondisi serta situasi di Raha agar tetap aman,” pungkasnya.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto saat kunjunganya di Muna mengunjungi perayaan Natal di Gereja GPIB Beth-El Raha dan Gepsultra Jemaat Lambulalo Raha.

KONTRIBUTOR : BENSAR

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here