Raha, Koran Sultra – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Saleh Lasata meresmikan Rumah Adat Bharugano Wuna yang dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Muna, pada kamis 28/12.

Saat peresmian Rumah Adat Bharugano Wuna yang terletak di jalan Bypass Raha,Kelurahan Butung-butung Kecamatan Katobu ini Plt Gubernur Sultra didampingi Bupati Muna,LM.Rusman Emba ST. Tampak pula hadir dikegiatan tersebut , Wabup Muna, Drs. Malik Ditu, Forum Pimpinan Daerah (Forkopinda), para SKPD dan masyarakat setempat.

IKLAN KPU

Saat peresmian rumah adat ini H. Saleh Lasata dalam sambutannya mengatakan pembagunan Rumah Adat di Muna ini memiliki nilai filosofi yang bermakna mempersatukan masyarakat Muna, ” Apa yang dibangun ini tentu sangat bermanfaat. Bahkan rumah adat ini saya tidak mimpi kalau dibangun, mari kita mengexplor potensi dalam diri kita, ” Ujar Plt. Gubernur Sultra ini.

Bupati Muna, Rusman Emba dikesempatan tersebut menjelaskan Pembangunan Rumah Adat yang terdiri dari 99 tiang ini dalam setiap strukturnya memiliki filosofi tersendiri, ” kami membangkitkan spirit melalui pembangunan rumah adat ini selain itu sebagai simbol persatuan kita, ” kata Rusman Emba saat membawakan sambutannya.

Lembaga Adat setempat, Sirat Sambo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bupati Muna ini. Dikatakannya dahulu kala rumah adat ini dibangun oleh leluhur atau Raja-raja Muna yakni Sangia Latugho dan La Ode Rere.

” Inilah upaya bupati Muna untuk mengembalikan kebesaran Wuna, isyah allah kita kembali bersatu, untuk mendukung pembangunan,” Katanya.

KONTRIBUTOR : BENSAR

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here