Kolaka, Koran Sultra – sekitar 35 unit rumah warga di Desa One’eha Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka terendam banjir akibat hujan lebat selama empat jam, Banjir yang menimpa warga ini tepatnya berada di Dusun 3 dan dusun 4 yang tergenang Banjir pada Senin (8/01)

Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga merendam sekitar 60 Ha persawahan,  dan 12 Ha yang siap untuk panen dengan total kerugian Rp. 192.000.000, tak hanya itu, luapan sungai One’aha juga merendam tambak udang seluas 75 Ha, yang berisi udang dengan total kerugian sekitar Rp.42.750.000.

“Sekitar pukul 15.00 wita,  Di kecamatan tanggetada tepatnya di Desa Oneha dusun 3 & 4 sekitar 35 rumah warga terendam banjir. ” jelas Kapolsek Watubangga Iptu Muh. Arman saat di konfirmasi via telepon seluler.

Di tempat kejadian,Sutarno sebagai Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten kolaka mengatakan, Selain merendam 35 rumah, luapan sungai one’eha juga merusak lahan persawahan sekitar 60 Ha dan tambak udang sekitar 72 Ha milik warga dengan totak kerugian puluhan juta rupiah.

Menurut Sutarno, Terjadinya banjir akibat hujan keras di sekitar desa Rahanggada, tinggo & desa popalia (wilayah kelapa sawit ) Kecamatan tanggetada dan bersamaan  air pasang laut, sehingga  sungai one’eha tidak bisa menampung debit air sungai dan mengakibatkan meluapnya air di desa one’eha.ucapnya.

“Dan juga pihak dinas sosial sudah terkonfirmasi tentang bencana ini dan dinas sosial kolaka telah menurunkan bantuan sembako terhadap masyarakat yang terkena bencana banjir di desa on’eha ini katanya. 

Adapun personil dari pihak kami yakni BPBD kami juga di bantu oleh pihak tim SAR kolaka serta pihak polsek watubangga dan juga pihak pemerintah desa serta warga untuk mengepakuasi warga yang terkena dampak banjir di daerah ini,tuturnya.   

Kontributor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY