Wakatobi, Koran Sultra – Pasar malam yang bertempat di Marina Beach Wakatobi akhirnya di fungsikan, sebelumnya pasar tersebut telah lama di bangun oleh Pemda Wakatobi hanya saja tidak di fungsikan.

Bupati Wakatobi H Arhawi,SE mengatakan ini semua untuk memanfaatkan aset daerah serta menjawab keluhan masyarakat Wakatobi.

“Melihat kondisi Pasar Malam yang dimiliki oleh orang – perorang selama ini, maka pemerintah daerah mengambil langkah penertiban  dan kita arahkan harus berpasar di pasar yang telah di bangun oleh pemda, apalagi pantauan kita selama ini ada keluhan dari masyarakat tentang tarif.  Berkenan dengan tempat jual yang disiapkan harganya sangat mahal,” ujar Bupati Wakatobi H.Arhawi,SE kepada Koran Sultra, Senin (29/1/2018).

Arhawi berharap dengan pindahnya pasar malam tersebut ada perubahan terutama situasi pasar yang semula aktifitas jual beli berdesak-desakan karena lokasi pasar yang sempit bahkan parkir liar di jalan umum.

IKLAN KPU

“Kita akan melihat satu bulan kedepan tempat ini, apakah memungkinkan untuk kita tambahkan tempat jualannya agar masyarakat yang ingin berdagang dapat tempat,” ungkapnya.

Hanya saja pasar yang baru saja di tempati para penjual berlokasi di Marina Beach itu di anggap tidak sesuai lagi dengan desain tata ruang daerah, sehingga ada rencana akan di bangun pasar baru setelah semua pasar-pasar yang di bangun di empat pulau yang ada di Wakatobi bisa di kelolah dengan baik.

“Kita masih berupaya agar pasar ini bisa terlayani untuk masyarakat di pulau Wangi-Wangi. Namun, kita akan kembangkan beberapa pasar sentral seperti yang ada di Kelurahan Mandati 3, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan sehingga kedepan. Pasar itu memang sesuatu yang sangat penting untuk kita kembangkan dan bangun dimasa yang akan datang dan tentu pembangunannya kita akan sesuaikan dengan perkembangan tata ruang daerah saat ini,” katanya.

Pantauan Koran Sultra, pasar malam yang semula berlokasi di Kelurahan Pongo, di penuhi anggota polisi pamong praja untuk mengajak para penjual untuk pindah ke pasar baru yang berlokasi di Marina Beach Kelurahan Wanci. Namun meski di paksa untuk pindah ke pasar baru, masi ada sebagian penjual memilih bertahan dan tetap berjualan di tempat semula yakni pasar malam lama.

KONTRIBUTOR : SURFIANTO, SH

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here