Tirawuta, KoranSultra.Com – Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) DR Mustakim Darwis mengatakan, untuk pelaksanaan Musrembang tingkat kecamatan di Kabupaten Kolaka Timur, tahun 2018 ini menggunakan sistem Aplikasi Renja Elektronik atau Emusrenbang.

“Untuk tahun ini sistem perencanaan kita menggunakan aplikasi Renja Elektronik, EMusrenbang, serta Forum SKPD Elektronik. Hal tersebut merupakan langkah kita dalam upaya pencapaian E~Planning di Kabupaten Kolaka Timur,” jelas Mustakim.

Untuk itu, kata Doktor mudah ini, semua usulan dapat dipertanggungjawabkan karena telah disesuaikan dengan renja SKPD yang bakal diusulkan nantinya.

“Jadi nantinya akan dibahas pada forum SKPD. Setelah itu, usulan yang didanai melalui SKPD, diupayakan melalui Sistem RKA Eiektronik yang akan didampingi oleh BPKP Provinsi Sultra,” terang Mustakim saat Musrembag kecamatan di Poli-polia, Kamis (1/2/2018).

IKLAN KPU

Setelah Musrenbang selesai, kata Mustakim, akan ditindaklanjuti dengan pengimputan usulan melalui aplikasi sebagai usulan prioritas di kecamatan.

“Sekaligus sebagai filter terhadap sumber anggaran baik melalui ADD, DAD, APBD, APBN atau sumber lainnya,” katanya.

Sedangkan untuk usulan yang sifatnya bisa didanai melalui anggaran ADD dan DAD, kata Mustakim bakal ditanggapi oieh tenaga ahli pendamping desa.

“Dimuarembang kali ini juga lebih dipertajam. Jadi setiap kecamatan hanya bisa mengusulkan lima prioritas pembangunan daerah,” terangnya.

Kata Mustakim, lima prioritas pembabgunan daerah tahun 2019 terdiri dari, Peningkatan pembabgunan infrastruktur dasar melalui penguatan konektivitas, Peningkatan Produksi, Produktivitas dan nilai tambah ekonomi pada sektor pertanian, Pembangunan manusia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia pada sektor pendidikan dan kesehatan, kemudian Peningkatan tata kelola pemerintahan yang semakin profesional serta Pemantapan pelestarian lingkungan hidup, ketahanan sumberdaya air, dan peningkatan pelestarian seni budaya.

“Untuk itu kami membuat tema musrembang tahun ini, ‘Pembangunan berkualitas, berkedinambungan menuju wilayah Agribisnis yang unggul dan berdaya saing,” ketusnya.

Untuk diketahui, dalam musrembang di Kecamatan Poli-polia dihadiri Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah, Wakil Bupati Andi Merya Nur, Ketua DPRD Koltim Rahmatia Lukman, SKPD lingkup Pemerintahan Koltim, Tokoh masyarakat, Agama serta unsur Tripika Kecamatan Poli-polia.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here