Wakatobi, Koran Sultra – Bupati Wakatobi H. Arhawi, bersama Ketua DPRD Wakatobi Muhamad Ali menyerahkan buku rekening dan kartu keluarga sejahtera (KKS) kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) di Gedung Pesangrahan Taman Budaya Wangi – Wangi Selatan, Sabtu (10/3/2018).

Bupati Wakatobi H.Arhawi dalam sambutannya menuturkan program keluarga harapan merupakan upaya Pemerintah memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin yang terdaftar dan menjadi keluarga penerima manfaat (KPM).

“Melalui program keluarga harapan akan membantu pengurus PKH dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada anak di bidang kesehatan dan pendidikan, anak usia sekolah dasar, SMP, SMA, lansia dan disabilitas,” ujar H.Arhawi.

Pemerintah Kabupaten Wakatobi sangat menyambut baik program ini dan semoga dengan bantuan program keluarga harapan ini akan menjembatani hubungan antara Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya keluarga miskin.

“Bentuk konkrit dukungan pemerintah daerah akan program keluarga harapan ini adalah program kesehatan Wakatobi Bersinar bagi warga miskin berupa jaminan kesehatan yang saat ini telah berjumlah 18 ribu jiwa,” katanya.

Kata H. Arhawi dalam mensuport program PKH, Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Sosial mengalokasikan dana sharing untuk program PKH ini yang tiap tahunnya meningkat, anggaran ini digunakan untuk menunjang kegiatan termasuk operasional dan transportasi pendamping sosial PKH yang saat ini berjumlah 33 orang.

Program Kementerian Sosial Republik Indonesia masuk di Kabupaten Wakatobi pada tahun 2013, dan sampai sekarang tahun 2018 melalui pendamping program keluarga harapan yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Wakatobi telah melakukan proses pendataan dan validasi terhadap calon penerima pada keluarga penerima manfaat (KPM).

 “Dari delapan kecamatan yang diverifikasi, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan program keluarga harapan sebanyak 5.664 Kepala Keluarga dengan total bantuan untuk tahun 2018 ini sebanyak Sepuluh milyar, tujuh ratus empat Juta, sembilan ratus enam puluh ribu rupiah, yang akan disalurkan empat tahap oleh bank BRI unit Wangi – Wangi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadik menambahkan per warga akan mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp 500 ribu yang akan diserahkan tiga bulan sekali.

“Penyerahannya tiga bulan sekali selama setahun melalui Bank BRI unit Wangi – Wangi, langsung di transfer ke rekening penerima program keluarga harapan,” Kata Aslaman Sadik saat di temui di sela – sela lounching beras sejahtera.

Sementara itu salah satu penerima bantuan, Asriani (42) warga Desa Numana, Kecamatan Wangi – Wangi Selatan mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut. Kedepan ia mengaharapkan agar bantuan tersebut tetap ada agar bisa sejahtera.

“Alhamdulillah dapat dua-dua nya, PKH dapat yang rastra juga dapat. Semoga kedepan tetap ada terus agar kami bisa sejahtera,” tuturnya.

Dalam penyerahan bantuan PKH tersebut, Bupati Wakatobi H. Arhawi juga melounching perdana bantuan beras sejahtera wilayah Kabupaten Wakatobi tahun 2018.

KONTRIBUTOR : SURFIANTO NEHRU

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here