Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Muna Barat, Laode Sagala, S.Pd, M.Si.
Laworo, Koran Sultra – Dalam system pengamanan daerah atau penegakan peraturan daerah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengutamakan sikap yang professional (profesionalitas). Hal ini sebagaimana dikemukakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Muna Barat, Laode Sagala, S.Pd, M.Si, ketika berbincang dengan awak media ini, baru- baru ini. “Dalam nenjalankan tugas, yakni penegakan peraturan daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, Satpol PP Mubar mengutamakan profesionalitas. Ini agar anggota (Satpol PP Mubar, red) dapat bekerja sesuai tupoksi (kewenangan) dan prosedur atau ketentuan yang ada,” ujarnya.

Lanjut birokrat muda yang dikenal visioner ini, pelaksanaan atau implementasi tugas, tanggung jawab dan wewenang Satpol PP tersebut. Sesuai ketentuan atau telah diatur dalam peraturan bersama Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2015 dan Peraturan Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2015. Ini mengatur tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja.“Anggota kita juga aktif dalam penegakan disiplin terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar. Seperti yang sudah jalan saat ini, yakni adanya Petugas Tindak Internal (PTI) yang melakukan absensi setiap pagi dan sore terhap PNS di masing- masing SKPD atau OPD,” ungkapnya.     

Ia menambahkan, Petugas Satpol PP Mubar juga terus berupaya melakukan pengawasan terhadap penyakit masyarakat, seperti judi, minuman keras (miras), dan kenakalan remaja, termasuk pengamanan illegal fishing.

KONTRIBUTOR : RONAS PARINI     

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here