Ilustrasi
Laworo, Koran Sultra – Untuk mengatasi kesulitan warga dalam memperoleh air bersih, di tahun 2018 ini Pemrintah Desa (Pemdes) Kampobalano, Kecamatan Sawergadi, Kabupaten Muna Barat, bakal bangun atau buat sumur gali sebanyak sekitar 23 unit. Hal ini sebagaimana dikemukakan Laode Baena, Kepala Desa Kampobalano, kepada Koran Sultra baru- baru ini. “Ya, di sini memang minim atau kurang sumber air bersih. Jadi untuk membantu warga agar tidak kesulitan dalam memperoleh air bersih. Di tahun 2018 ini, Kami (Pemdes Kampobalano, red) telah berencana akan membuat sumur gali sebanyak sekitar 23 unit,” ujarnya.  

Lebih lanjut Ia mengatakan, pembuatan puluhan unit sumur gali tersebut dinilai penting. Yakni untuk memenuhi kebutuhan dasar atau pokok masyarakat setempat dalam memperoleh air bersih yang akan dimanfatkan atau dipergunakan dalam kehidupan sehari- hari. Dimana anggaran pembangunan atau pembutan puluhan unit sumur gali itu, bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2018. “Untuk pembangunan sumur gali sebanyak sekitar 23 unit ini, termasuk peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT) sebagai program kerja kita di tahun 2018. Sebelumnya, di tahun 2017 lalu, Pemdes Kampobalano juga telah membuat 26 unit sumur gali, namun belum mencukupi,” ungkapnya.           

Ia menambahkan, pelaksanaan program pembangunan atau pembuatan puluhan unit sumur gali tersebut, merupakan atas usulan masyarakat, yang disepakati antara pihak Pemdes Kampobalano bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui forum rapat.

KONTRIBUTOR : RONAS PARINI

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here