Bupati Kolaka Utara

Lasusua, Koran Sultra -Puluhan masyarakat Kelurahan Olo – Oloho menyambut kedatangan Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar SH.MH di Masjid Nurul Jami ,Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara, Provensi Sulawesi Tenggara dalam acara buka puasa bersama masyarakat sekaligus penyerahan Zakat Mal untuk anak yatim dan fakir miskin, Mualaf, dan masyarakat tidak mampu. Jumlah Zakat Mal ASN Tahun ini Rp. 2,6 milyar yang terbagi 133 desa dan Kelurahan. Kamis (24/05/2018) malam.

Sebelum acara buka puasa bersama tersebut, sebanyak 35 orang anak yatim dan fakir miskin, 1 mualaf menerima santunan berupa uang oleh Bupati Kolut Nur Rahman Umar. Selain menyerahkan santunan untuk anak yatim, Bupati Kolut Nur Rahman Umar, juga berbuka puasa bersama mereka, turut dihadiri dari unsur KA OPD, Kapolsek Pakue Iptu Saenal Alimin.SE dan Danramil Pakue Kapten Inf.Hamka Saad dan Tokoh masyarakat Kelurahan Olo -Oloho.

“Pada Bulan Suci Ramadhan ini, kita harus banyak-banyak melakukan amal dan ibadah, termasuk memberikan santunan untuk anak yatim dan masyarakat yang membutuhkan, mereka harus menjadi perhatian kita semua, apalagi ini Bulan Suci Ramadhan, karena Allah sudah menjanjikan dan menjamin amal kita dilipat gandakan ” kata Bupati Kolut Nur Rahman Umar
Pemberian Santunan anak yatim dan fakir miskin ini merupakan wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara, dan pemberian santunan secara rutin dilaksanakan tidak saja pada bulan suci Ramahdan. Mudah-mudahan Zakat Mal yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi yang menerima. terangnya.

“Dibulan Suci Ramadhan ini, masyarakat jangan membuat keonaran yang dapat mencederai Agama Islam sekaligus jangan kita menodai hal buruk kepada Umat lain termaksud sesama Muslim,” Jelas Nur Rahman Umar.
Ada yang lain sebelum Penyerahan Zakat Mal kepada warga, Nur Rahman Umar mengatakan didepan Penerima Zakat Mal bahwa mereka jangan beranjak dari tempat duduknya karena saya sebagai Bupati Kolut akan melayani langsung kemasing – masing tempat duduk penerima Zakat mal karena pelayanan ini, salah satu janji saya saat Kampanye untuk melayani masyarakat, sebab masyarakat sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada saya saat Pilkada lalu. jelasnya
Terlihat salah satu Penerima Zakat yang masih berumur belia tidak bisa berjalan yang dihampiri bulati Kolut danmenyerahkan Amplop Zakat Mal oleh Bupati Kolut. dan terlihat pula salah satu Mualaf, Upiawati (43) istri dari Markus sangat kagum dan berkata Dirinya Mualaf sudah 12 tahun lalu dan Bupati Kolut Nur Rahman Umar dan Mantan Bupati Dua Priode Rusda Mahmud yang menyerahkan langsung kepada saya. Kedua pemimpin itu sangat baik dan smoga mereka diberikan perlindungan dan kesehatan kepada Allah SWT. terangnya dengan wajah tersenyum malu – malu.

Tahun ini kita coba memberikan pelayanan langsung di seluruh desa karena ide ini, diawali Wakil Bupati Kolut H. Abbas. SE dan teman – teman OPD yang memberikan masukan bagaimana ada perhatian Pemerintah Kabupaten kepelosok dalam hal ini keDesa-Desa. Dengan ide ini, kita mencoba membangun silahturahmi dengan buka puasa bersamanagar seluruh masyarakat Kolut dapat merasakan jalinan kebersamaan bukan hanya di Ibu Kota Kabupaten. jelasnya
“Jauh lebih afdal kalau kita buka puasa bersama diDesa-Desa karena di desa wajib untuk buka puasa bersama, kalau dulunya bukan juga salah tetapi kita mencoba merubah model yang menjurus kesasaran yang tepat, Kalau dulu yang buka Puasa bersama adalah OPD, Pengusaha dan Anggota DPRD, sekarang ini masyarakat didesa yang harus menikmati itu, walau sedikit tetapi ada perhatian pemerintah Daerah secara menyeluruh,” ujarnya
Yang lebih anehnya seorang Bupati Kolut Nur Rahman Umar. SH. MH Bersama Ketua Penggerak PKK Kolut Hj. Dra.Andi Nurhayani Nur Rahman makan bersama warga tidak mau ada perbedaan seperti makanan dos harus sama peperti yang disajikan kepada Masyarakat dan makan menggunakan tangan layaknya masyarakat lainnya. Nur Rahman tidak mau ada perbedaan antara Bupati dengan warga. Menurutnya dengan makan bersama warga adalah suatu kebersamaan bukan pencitraan yang akan diraih. Dengan terciptanya kebersamaan maka tentunya warga lainnya merasa memiliki kita dan begitupun sebaliknya, yang tadinya rasa segan warga kepada Bupati sudah tidak terasa lagi, disebabkan silahturahmi secara langsung yang tidak memisahkan antara Bupati dan masyarakat. terangnya

“Artinya kalau masyarakat makan beralas daun, Bupati pun makan beralaskan Daun, sehingga kebersamaan dirasakan tidak ada perbedaan,” ujar Nur Rahman.
Kabag Kesra, Ihwan mengatakan jumlah Zakat Mal ASN keseluruhan sebesar Rp, 2,6 milyar yang terbagi di 133 desa dan Kelurahan dengan rincian perdesa penerima Zakat Mal untuk Fakir Miskin 35 orang.

“Penerima Zakat Mal bisa bertambah, tergantung apakah didesa tersebut ada Mualafnya ataupun Santri yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan kejenjang tertinggi, ” Ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kabag Humas dan Protokoler, Drs. Ramang, ini hari kedua Safari Ramadhan yang dilakukan Bupati Kolut Nur Rahman Umar dan persiapan buka puasa disetiap Masjid diKecamatan Pakue, Pakue Tengah, Pakue Utara dan Kecamatan Watunohu. sebelumnya hari pertama dilaksanakan Safari Ramadhan Rabu (23/05/2018) malam lalu diKecamatan Batu Putih, Porehu dan Kecamatan Tolala.

” Untuk buka Puasa menyeluruh, Peran OPD maupun instansi Vertiakal lainnya melanjutkan buka puasa bersama warga dihari yang sama diMasjid -Masjid yang sudah terjadwal Kamis malam ini,” ungkapnya

Berzakat tidak memiskinkan seseorang maupun mengurangi Rezki, namun dengan Berzakat Pahala dan Rezki akan dilipat gandakan Oleh Allah SWT.

KONTRIBUTOR : ISRAIL YANAS

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here