JSI Rilis, Survei Paslon Bupati Kolaka disalah satu Hotel di Kolaka Foto: Dekri

Kolaka, KoranSultra.Com – Lembaga survei, Jurnal Survei Independen (JSI), merilis pasangan calon Bupati Kolaka Asmani Arif dan Syahrul Beddu lebih unggul dari rivalnya Ahmad Syafei dan Muh Jayadin, pada pemilihan Bupati Kolaka.

JSI rilis jika pasangan nomor urut dua unggul 36,6% sedangkan pasangan nomor urut satu lebih rendah, yaitu 33,4%. Sementara itu, untuk pemilih ragu-ragu JSI merilis 30,0%.

Kendati demikian, JSI tetap mengakui jika hasil survei kepuasan masyarakat Kolaka terhadap kinerja calon petahana ada diangka 62,2%.

Rilis JSI berdasarkan Survei kemenangan Calon Bupati Kolaka Foto: Dekri

Direktur JSI Sumadi Dilla mengatakan, survei tersebut menggunakan metode tujuh variabel, yaitu tingkat partisipasi pemilih, faktor yang berpengaruh pada partisipasi pemilih, tingkat kepuasan publik, popularitas, aseptabilitas, elektabilitas, serta kemantapan pilihan dan perubahan pilihan.

IKLAN KPU

“Ukuran sampel yang ditetapkan JSI mengacu pada data terbaru tentang Daftar pemilih tetap, KPU Kolaka 2018. Setelah tim survei kami melakukan validasi proporsi besaran sampel unit pada setiap kecamatan dengan tingkat presisi sampel valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara metodologis dan ilmiah,” jelas Sumadi Dilla.

JSI juga menemukan menemukan penyebaran basis wilayah pemilih tertinggi masing-masing calon yang berbeda.

JSI Rilis, Survei Paslon Bupati Kolaka disalah satu Hotel di Kolaka Foto: Dekri

Calon nomor urut 2. Asmani Arif – Syahrul Beddu meliputi basis di enam kecamatan yaitu, Kecamatan Kolaka, Latambaga, Watubangga, Wolo, Iwoimendaa, dan Kecamatan Toari.

Sedangkan basis pemenangan untuk calon petahana juga berada di enam kecamatan yaitu, Kecamatan Pomalaa, Wundulako, Samaturu, Baula, Polinggona, dan Kecamatan Tanggetada.

“Kami mengambil sampel belum dua Minggu, jadi data kami adalah data terbaru,” ujar Sumadi.

Direktur JSI itu juga menambahkan, jika JSI sebelumnya pernah melakukan survei pada pemilihan walikota Kendari baru-baru ini.

Saat melakukan survei pada Pilwali Kota Kendari, prediksi JSI tidak salah.

Untuk diketahui, pemaparan hasil survei pasangan calon Bupati Kolaka tersebut dilaksanakan disalah satu hotel yang ada di Kabupaten Kolaka, Jumat (22/6/2018) malam.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here